JEPARA(SUARABARU.ID) – Menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Puskesmas Kedung 1 bersama dengan FORKOPINKA Kedung berikan Penghargaan kepada Desa Bulak Baru dan Tanggultlare sebagai Desa Sehat, Selasa (2/11).

Penilaian Kategori Desa Sehat ini berdasarkan Indeks Keluarga Sehat (IKS) dalam Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), dimana Desa Bulak Baru dan Tanggultalre mencapai IKS >0,8 (kategori sehat).

Pencapaian IKS >0,8 ini tak terlepas dari upaya kesehatan masyarakat oleh Puskesmas Kedung 1, salah satunya melalui program inovasi intervensi lanjut PIS-PK yaitu GEMPITA (Gerakan Masyarakat Peduli dan Tanggap Kesehatan) yang mengoptimal peran Forum Kesehatan Desa (FKD) untuk ikut serta bersama mewujudkan Desa Sehat.

Selain itu juga kerja sama lintas program UKM Puskesmas Kedung 1 yang menekankan pada kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang menjadi Budaya dari GERMAS (Gerakan Masyakat Hidup Sehat) melalui program Promosi Kesehatan, Gizi, Kesehatan lingkungan, Kesehatan Ibu & Anak, serta Pencegahan Penyakit Menular & Tidak Menular.

Penguatan peran serta Forum Kesehatan Desa untuk memberdayakan masyarakat hidup sehat terus dilakukan oleh Puskesmas Kedung 1 secara berkelanjutan sebagai upaya mewujudkan Kecamatan Sehat menuju Jepara Sehat.

Hadepe – Novita