Sosok Bianca dalam film animasi pendek Disney,
Sosok Bianca dalam film animasi pendek Disney, "Reflect". Foto: Disney.

SUARABARU.ID – Disney baru saja merilis karakter bertubuh plus size lewat film animasi pendek “Reflect”. Film berdurasi enam menit ini merupakan bagian dari serial Disney’s Short Circuit yang dirilis melalui Disney+.

“Reflect” berkisah tentang sosok Bianca, penari balet muda yang sedang berjuang mengatasi dismorfia tubuh atau keraguan atas diri sendiri.

Dalam film yang disutradarai oleh Hillary Bradfield itu, guru Bianca tak bosan-bosannya mengingatkan untuk memiliki “perut yang kencang” dan “leher panjang”.

Ini adalah kali pertama Disney mengenalkan karakter perempuan protagonis dengan ukuran tubuh plus, setelah sering kali memformulasikannya untuk karakter antagonis.

Gebrakan dari Disney ini mendapat banyak apresiasi dan pujian dari khalayak. “Reflect” dianggap tidak lagi menonjolkan standar kecantikan yang selama ini ada di masyarakat soal perempuan berbodi ramping atau berkulit putih.

Sang sutradara “Reflect” berharap, melalui film ini penonton bisa mengenal diri mereka sendiri, melihat sisi positif dalam dirinya, dan bagaimana penampilan mereka.

“Terkadang kamu pergi ke tempat yang gelap untuk sampai ke tempat yang baik. Dan itu membuat tempat yang bagus menjadi jauh lebih indah,” kata Bradfield.

Bradfield sebelumnya ikut menggarap “Frozen 2” (2019) dan “Encanto” (2021), di mana dalam “Encanto” Disney memperkenalkan putri pertama yang berkacamata.

Sofie