Bank Indonesia turut serta meramaikan event Semarang Flower Festival 2022 yang diadakan Pemkot Semarang, Minggu (30/10/2022).

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bank Indonesia kantor perwakilan Jawa Tengah turut meramaikan gelaran Semarang Flowers Festival 2022 yang diadakan Pemerintah Kota Semarang, Minggu (30/10/2022).

Semarang Flowers Festival 2022 (SFF) sendiri merupakan event parade bunga pertama di Jawa Tengah yang merepresentasikan keberagaman di Kota Semararang. Selain BI, kegiatan ini dimeriahkan oleh parade 20 kendaraan yang dihiasi aneka bunga dengan tema etnis, kuliner, landmark dan dolanan tradisional, serta defile peserta yang berkostum serba bunga.

Kepala BI Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra, dalam kesempatan tersebut mengatakan, BI turut berpartisipasi dalam acara tersebut selain untuk ikut serta meramaikan juga turut memberikan edukasi bahwasannya Rupiah adalah alat pembayaran yang sah di Indonesia.

“Edukasi alat pembayaran ditekankan pada penggunaan Rupiah secara tunai dan non-tunai,” katanya saat memberikan keterangan resmi, Senin (31/10/2022)

Secara tunai, BI memperkenalkan Uang Rupiah Tahun Emisi 2022 dengan 7 (tujuh) lembar pecahan uang kertas dengan desain dan warna yang lebih indah, bahan yang lebih tahan lama, dan lebih aman dari pemalsuan.

Selain itu, BI juga menggelorakan edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP Rupiah) untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap Rupiah, selalu memperlakukan Uang Rupiah dengan baik, menggunakan Uang Rupiah untuk setiap transaksi, dan membelanjakan Uang Rupiah dengan bijak demi mewujudkan NKRI yang berdaulat.

Tak hanya itu saja, Rahmat menjelaskan, BI juga terus berupaya mendorong transksi digital di masyarakat dengan memperkenalkan kanal pembayaran QRIS yang memiliki slogan CEMUMUAH (cepat mudah murah aman dan handal).

Transaksi melalui QRIS dapat dilakukan dengan Mobile Banking dan E-wallet manapun yang menunjukan interoperabilitasnya. Selain itu, penggunaan transaksi non-tunai juga diharapkan meningkat seiring dengan pemahaman masyarakat terhadap interoperabilitas QRIS.

Sebagai salah satu bentuk user experience scan QRIS, masyarakat yang menyaksikan SFF dapat berdonasi melalui scan QRIS yang dibawa defile sepanjang rute parade dan berkesempatan mendapatkan kuliner angkringan.

“Melalui kegiatan SFF ini, BI berharap program edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP Rupiah) dapat tersampaikan kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah sehingga menumbukan sikap positif dalam memperlakukan uang Rupiah dengan bermodalkan rasa cinta yang besar diimbangi dengan perilaku bangga dan paham rupiah secara lebih luas,” katanya.

Hery Priyono