blank
GATHERING - Media Gathering yang digelar Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Tegal. (foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono mengapresiasi kinerja para insan media cetak dan online di Kota Tegal karena telah menyajikan informasi dan edukasi yang bermanfaat kepada masyarakat Kota Tegal. Tak lupa juga perannya sebagai kontrol sosial dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Tegal sehingga dapat berjalan sesuai ketentuan dan peraturan berlaku.

‘’Media massa menjadi sarana strategis dalam penyampaian informasi secara masif, terutama dalam saluran komunikasi politik. Sehingga peran media sangat signifikan untuk menegakkan negara yang berdemokrasi, salah satunya sebagai corong pemerintah kepada masyarakat terkait kebijakan maupun informasi pemerintahan,’’ ujar Walikota saat membuka Media Gathering yang dilaksanakan Dinas Komunasi dan Informasi Kota Tegal yang dilaksanakan di Gedung Adipura Kompleks Balai Kota Tegal, Kamis (27/10/2022).

Selain itu, Walikota berharap media dapat mempertahankan jati diri independensinya dalam objektivitas yang berimbang terhadap pemberitaanya. Dapat berarti bahwa media diharapkan steril dari kepentingan manapun, bahkan menjauhi diri sebagai agen politik salah satu pihak.

‘’Indepedensi menjadi bagian penting untuk menjalankan fungsi media sebagai agen sosialisasi informasi ke masyarakat agar meningkatkan partisipasi masyarakat dalam demokrasi. Para insan media harus saling berkolaborasi memperkuat perannya dalam menjaga keutuhan bangsa. Terlebih di era disrupsi, dimana informasi bertebaran dapat didapatkan secara cepat dari berbagai kanal dengan mudahnya memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, tanpa tahu kebenarannya. Dengan begitu, rekan media seharusnya memiliki pemahaman yang utuh dan komprehensif terhadap informasi yang akan diberitakan. Supaya keharmonisan komunikasi dari setiap pihak dapat berjalan secara proposional tanpa terpengaruh atas dinamika politik yang sering bergejolak,” ujar Dedy Yon.

Walikota juga mengutarakan terkait dengan keharmonisan yang diperlukan agar tidak menganggu fungsi media sebagai jembatan informasi terkait sosialisasi program pemerintah maupun saluran aspirasi masyarakat, sehingga pembangunan di Kota Tegal tetap berjalan dengan baik untuk mencapai kesejahteraan.

‘’Dalam penyelenggaraan ini, para OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal juga harus menjaga diri dari politisasi birokrasi dan tetap menjaga hubungan baik dengan para awak media agar dapat melaksanakan layanan hubungan komunikasi publik dengan kondusif,’’ ujar Dedy Yon.

Dalam media gathering tersebut menghadirkan narasumber Pj Sekda Kota Tegal Dr dr Sri Prima Indraswari Sp.KK MM MH, Komisioner KPU Kota Tegal Drs Thomas Budiono dan Dwi Ariadi dari perwakilan insan media, Ketua PWI Kabupaten Tegal, Dwi Ariadi.

Sutrisno