blank
BEASISWA - Ketua Umum Ikasma Dr Ir Tafakurrozak MH dan Kepala SMA Negeri 1 Kota Tegal, Rosa Herawati menyerahkan beasiswa kepada siswa kurang mampu. (foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Ratusan siswa-siswi SMAN 1 Kota Tegal, Jawa Tengah mendapat bea siswa dari Ikatan Alumni SMA Negeri 1 (Ikasma) Tegal. Selain memberikan beasiswa, Ikasma juga menggelar Training Motivasi di Aula SMA Negeri 1 Kota Tegal, Kamis (27/10/2022).

Ketua Alumni SMA 1 Kota Tegal Angkatan 91 selaku Ketua Panitia Training Motivasi dan Penyerahan Beasiswa H Sarnapi mengatakan, bahwa kegiatan training motivasi merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Namun lantaran pandemi Covid-19, sempat terhenti selama 2 Tahun.

Untuk tahun ini kembali diadakan dan merupakan training motivasi yang kedelapan digelar di SMA 1 Tegal. Tujuannya, untuk memberikan motivasi, memberikan solusi kepada siswa kelas XII, karena dipaparkan tentang bidik misi, kisi-kisi untuk menuju jenjang perkuliahan.

Untuk beasiswa, Sarnapi juga menuturkan, diberikan secara rutin setiap tahun. Mereka yang mendapatkan beasiswa adalah siswa SMA Negeri 1 Kota Tegal, dan merupakan siswa-siswi yang kurang mampu.

Ketua Umum Ikasma Dr Ir Tafakurrozak MH dalam sambutannya mengatakan, training motivasi dan pemberian beasiswa merupakan bentuk sinergitas, kolaborasi dan wujud kepedulian para alumni terhadap pengembangan SMA Negeri 1 dan siswa-siswinya.

Tafakurrozak menjelaskan, hampir setiap tahun para alumni melalui Ikasma memberikan beasiswa. Tahun ini diberikan beasiswa untuk 140 anak dari kelas X sampai kelas XII yang dipilih pihak SMA Negeri 1 Kota Tegal.

Disampaikan, yang menerima beasiswa IKASMA tahun 2019 ada 20 siswa, tahun 2020 ada 20 siswa, tahun 2021 sebanyak 30 siswa. Total sampai Tahun 2021 ada 70 siswa dan Tahun 2022 sebanyak 140 siswa. Secara keseluruhan Ikasma memberikan beasiswa kepada SMA 1 Tegal sampai dengan Tahun 2022 sebanyak 210 siswa.

“Beasiswa tersebut diharapkan bisa membantu siswa-siswi untuk mendukung pembelajaran, seperti membeli buku dan keperluan sekolah lainnya,” ujar Tafakurrozak.

Kepala SMA Negeri 1 Kota Tegal, Rosa Herawati mengatakan, selama ini hubungan antara alumni SMA Negeri 1 Kota Tegal yang sudah tersebar diberbagai daerah dengan pihak sekolah maupun peserta didik masih berjalan dengan baik.

Dari berbagai kegiatan alumni yang bertujuan untuk semakin mempererat rasa kebersamaan sesama alumni kerap digelar dengan melibatkan pihak sekolah maupun peserta didik.

Termasuk kegiatan training motivasi yang memberikan semangat kepada siswa-siswi agar terus belajar untuk meraih cita-citanya, maupun pemberian beasiswa bagi siswa yang kurang mampu merupakan wujud kepedulian dan dukungan terhadap siswa-siswi SMA Negeri 1 Kota Tegal agar terus maju dan sukses.

Yuki Trisnoaji siswa Kelas XII yang mendapatkan beasiswa merasa senang mendapatkan beasiswa dari Ikasma. Dirinya menuturkan akan terus giat belajar untuk bisa menjadi orang sukses seperti alumni-alumni sebelumnya.

Sutrisno