blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Forkompimda pada Apel Tiga Pilar Kesiapsiagaan Bencana di Desa Wiromartan Kecamatan Mirit, Rabu 26/10.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui BPBD bersama TNI, Polri serta sukarelawan menggelar Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana di Lapangan Voli Desa Wiromartan, Kecamatan Mirit, Rabu (26/10).

Apel melibatkan Satpol PP serta sukarelawan kemanusian dari berbagai organisasi. Seperti NU, Muhammadiyah, Pramuka, PMI dan ORARI. Sebanyak 700 pasukan kebencanaan mengikuti apel tersebut.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menghadiri Apel Tiga Pilar tersebut bersama jajaran Forkompimda, pimpinan OPD, serta para camat di lingkup Pemerintahan Kabupaten Kebumen. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin.

Bupati Arif Sugiyanto menyatakan, apel kesiapsiagaan ini penting untuk mengukur kesiapan Pemerintah dalam melakukan penanganan bencana. Mengingat, Kebumen termasuk salah satu kabupaten yang rawan bencana, baik longsor, banjir, angin puting beliung.

“Kebumen ini masuk kabupaten yang rawan bencana, di sisi selatan rawan terjadinya tsunami, kemudian banjir, di sisi utara juga rawan terjadinya longsor dan angin puting beliung. Jadi kita harus selalu siap siaga agar ketika terjadi bencana bisa meminimalisir korban jiwa,”ujar Arif Sugiyanto.

Relokasi 31 Rumah

Bupati mengingatkan, curah hujan diperkirakan cukup tinggi di Kebumen sampai tahun depan, sehingga petugas maupun masyarakat harus selalu siap siaga. Bencana di Kebumen sampai saat ini masih terus dalam penanganan pemerintah. Seperti di Wadasmalang, dan Plumbon, Karangsambung.

“Untuk yang tanah retak di Plumbon, kita sudah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat untuk membantu relokasi rumah. Ada 31 rumah yang terdampak, dalam kondisi retak-retak yang perlu segera direlokasi,”ujar dia.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin menyatakan, pada dasarnya baik Polri maupun TNI siap mendukung Pemerintah dalam melakukan penanganan bencana, baik dukungan melalui jumlah personel dan dukungan alat-alat penanganan bencana.

“Dimana pun kita bersama TNI Polri selalu siap membantu pemerintah dalam melakukan penanganan bencana. Dengan sinergi ini, kita semua berharap kebencanaan di Kebumen bisa tertanggulangi dengan baik,”jelas AKBP Burhanuddin.

Komper Wardopo