festival pelajar nusantara
Para pemenang lomba pada ajang Festival Pelajar Nusantara 2022 yang digelar RRI Semarang berfoto bersama dengan Pelaksana tugas ( Plt) Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu. Foto; Dok. RRI Semarang.

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim SMKN 9 Semarang berhasil meraih juara pertama  lomba Student Explore  pada Festival Pelajar Nusantara (FPN) 2022 yang digelar Forum Komunitas Osis (FKO) dan RRI Semarang. Sedangkan, juara kedua diraih  SMKN 8 Semarang , dan SMA Semesta BBS Semarang  sebagai juara ketiga.

Ketua Panitia Festival Pelajar Nusantara, Mulyati mengatakan, acara Festival Pelajar Nusantara tersebut digelar agar para pelajar memilikim rasa empati,kerjasama dan kreativitas.

“Acara ini digelar sebagai upaya untuk memberikan agar para pelajar  memiliki rasa empati,kerjasama dan kreativitas. Karena, di  acara tersebut harus saling bekerjasama dalam tim,” kata Mulyati.

Ia menambahkan, tujuan dari kegiatan tersebut diharapkan menumbuhkan rasa  cinta tanah air bagi kalangan pelajar. Selain itu, juga untuk menanamkan kebersamaan dalam tim.

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut salah satunya yang memerlukan kerjasama tim yakni acara Student Explore. Di acara tersebut, masing-masing anggota tim harus bisa memecahkan tugas membuat vlog tentang tempat bersejarah  yang ada di Kota Semarang.

Mulyati mengatakan, rangkaian acara  Festival Pelajar Nusantara tersebut  juga digelar fashion show, players battle ground, fesfestival band dan pelatihan jurnalistik.

“ Untuk kegiatan players battle grounddan pelatihan jurnalistik akan digelar 26-27 Oktober 2022,”katanya.

Adapun  hasil lengkap pemenang lomba Students Explore , juara pertama  SMKN 9 Semarang, SMKN 8 Semarang (juara kedua), dan SMA Semesta BBS Semarang (juara ketiga).

Sedangkan untuk lomba fashion show  juara pertama diraih SMA Theresiana 1, SMK Ibu Kartini (juara kedua), dan SMK Nusaputera 2 (juara ketiga).  Pemenang lomba Band Pelajar SMK PL Don Bosko meraih juara  pertama, disusul SMKN 7 Semarang (juara kedua), dan SMKN 11 Semarang (juara ketiga).

Sementara untuk  lomba E-Sport SMKN 2 Semarang (juara pertama), SMK Karangturi Semarang (juara kedua), dan SMAN 12 Semarang (juara ketiga).

Masing-masing juara  mendapatkan sertifikat dan hadiah berupa uang pembinaan. Juara pertama sebesar Rp 2.000.000, juara kedua sebesar Rp 1.500.000, dan juara ketiga sebesar Rp 1.000.000.  W. Cahyono