blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (PkM USM) memberikan Pelatihan Peningkatan Penjualan dan Promosi Berbasis Digital Produk UMKM di Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang pada 19 Oktober 2022.(foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (PkM USM) memberikan Pelatihan Peningkatan Penjualan dan Promosi Berbasis Digital Produk UMKM di Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang pada 19 Oktober 2022.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Adhi Widyakto, SE, MM dan anggota Edy Suryawardana, SE, MM, Andy Kridasusila, SE, MM dan Tri Rinawati, SE, MM. Kegiatan juga melibatkan dua mahasiswi Fakultas Ekonomi USM, Khairiana Nur Hania dan Nurul Hidayah.

Adhi mengatakan, Maksud serta tujuan tim pengabdi dari USM adalah guna meningkatkan kemampuan anggota kelompok dalam mengelola serta membina UMKM di Kelurahan Peterongan dalam mengatasi lambatnya pemasaran produk di dalam UMKM. Selain itu juga mengembangkan proses link dan match antara perguruan tinggi, UKM, pemerintah dan masyarakat.

”Upaya itu dilakukan dengan mengoptimalkan pemasaran produk melalui Pelatihan Pemasaran Digital dalam UMKM di Kelurahan Peterongan,” ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatani itu mendapat respons dari para peserta. Hal itu terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang muncul dari peserta.
”Mereka sangat tertarik dengan pelatihan yang kami adakan terutama dalam menyangkut pemasaran produk. Peserta juga menginginkan kegiatan lanjutan untuk pendalaman pelatihan,” ungkapnya.

Dalam PKM ini, katanya, mahasiswi berpartisipasi dengan mempersiapkan komponen pelatihan dan memberikan pengetahuan mengenai pengembangan strategi pemasaran produk meliputi segmentasi pasar, branding, tema dan konsep produk, kemasan, variasi produk dan teknik promosi.

”Selain itu juga proses pemasaran online untuk dapat mengoptimalkan produktivitas usaha dan pemasaran produk,” tuturnya.

Muhaimin