blank
Ilustasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pelangi merupakan fenomena ilmiah dari pembiasan cahaya yang menciptakan spektrum warna. Tak banyak yang tahu, warna-warna pelangi tersebut memiliki fakta tersimpan di baliknya, dilansir dari Suara.com pada Kamis (20/10/2022).

Fakta tentang warna pelangi sebelumnya tidak diketahui hingga Isaac Newton menemukan tujuh spektrum cahaya. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini tujuh fakta warna pelangi yang wajib diketahui:

1. Ilmuwan Isaac Newton yang menjelaskan bagaimana pelangi terbentuk. Newton mengidentifikasi tujuh warna dari spektrum elektromagnetik yang terlihat dan membentuk cahaya putih secara keseluruhan. Ketujuh warna tersebut mencakup merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Baca Juga: Lima Fakta Hewan Mamalia Berkembangbiak Dengan Cara Bertelur

Akronim ROY G BIV digunakan untuk mengingat warna-warna ini serta urutan penampilannya dengan mudah. Ini juga disebut sebagai VIBGYOR dalam urutan terbalik.

2. Busur warna-warni yang terlihat di langit adalah pelangi. Ini bukan objek, tetapi fenomena optik. Pengamat tidak dapat menyentuh atau merasakan pelangi karena tidak memiliki keberadaan fisik.

Pelangi terdiri dari cahaya yang memantul dan menekuk. Pengamat tidak akan pernah bisa mencapai ujung pelangi karena pelangi bergerak seiring dengan pemandangan dan tidak memiliki posisi statis atau stasioner di langit.

Baca Juga: Empat Fakta Menarik Pisang Dengan Bintik Hitam yang Kaya akan Nutrisi

3. Sebagian besar pelangi yang dilihat akan menjadi “pelangi primer”, di mana warna merah dapat terlihat di tepi luar hingga ungu di tepi dalam.

4. Langit di dalam pelangi primer lebih terang daripada langit di luar busur. Hal ini disebabkan karena jutaan tetesan yang dibutuhkan untuk membuat pelangi berbentuk bola dan tumpang tindih untuk menciptakan cahaya putih.

Namun di bagian tepi, cakram berwarna ini tidak tumpang tindih sehingga menampilkan warna masing-masing yang menghasilkan busur pelangi.

Baca Juga: Enam Fakta Menarik Drama Korea ‘Big Mouth’

5. Homer, penyair epik asal Yunani, percaya bahwa pelangi hanya terbuat dari satu warna, yaitu ungu.

Sementara pada masa Renaisans, orang mengira pelangi memiliki empat warna, yaitu merah, biru, hijau, dan kuning. Sedangkan hingga saat ini, rata-rata orang China mengklaim bahwa pelangi hanya memiliki lima warna.

6. Moonbows adalah pelangi Bulan langka atau pelangi malam hari yang terjadi ketika cahaya Bulan dipantulkan melalui tetesan hujan. Ini sama dengan busur pelangi, tetapi pengamat akan melihat semuanya berwarna putih.

Baca Juga: Spin Off Game of Thrones, Lima Fakta Menarik Film ‘House of the Dragon’

7. Pelangi supernumerary atau pelangi susun adalah fenomena yang jarang terjadi. Ini terdiri dari beberapa pelangi samar dengan pola pita warna pastel yang tidak biasa di sisi dalam pelangi primer.

Claudia