blank
Timnas Brasil. (foto: sportzcraazy.com)

SUARABARU.ID – Brasil merupakan salah satu tim unggulan di Piala Dunia 2022 nanti. Negara yang tak pernah henti melahirkan bintang-bintang dunia itu lolos ke Qatar dengan catatan mengesankan. Tim berjuluk Samba ini merupakan salah satu dari 4 negara yang mewakili Amerika Selatan (CONMEBOL). Seperti pada pergelaran Piala Dunia sebelumnya, Brasil selalu dipenuhi pemain biontang untuk berbagai lini. Tak heran sepanjang babak kualifikasi, mereka tak pernah terkalahkan. Dari 17 laga yang dijalani, mereka membukukan 14 kemenangan, sementara tiga laga lainnya berakhir seri.

Tak hanya itu, peraih lima kali gelar juara dunia itu juga menjadi tim yang paling produktif dengan melesakkan 40 gol dan hanya kemasukan 5 kali dari 17 pertandingan. Penampilan impresif Brasil tak lepas dari kualitas pemain yang mereka miliki. Sederet pemain hebat seperti Neymar Jr, Vinicius Jr, hingga bintang baru Manchester United, Anthony, memperkuat barisan penyerang. Sejumlah pemain senior juga masih dipertahankan seperti Thiago Silva, Marquinhos, Roberto Firmino, Casemiro, hingga Fabinho. Perpaduan antara pemain muda berkualitas serta pemain senior sarat pengalaman, membuat Brasil menjadi pesaing serius dalam Piala Dunia kali ini, dan berpeluang meraih gelar untuk kali keenam, setelah yang terakhir mereka raih pada 2002 silam.

Peluang Brasil untuk menjadi juara pada Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar pada November-Desember mendatang cukup terbuka. Selain keunggulan dari kualitas pemain, di sisi lain negara-negara yang menjadi pesaingnya seperti juara bertahan Prancis, Jerman, Inggris, Spanyol, Belgia termasuk Argentina, performa pemainnya menurun dibandingkan Piala Dunia 2018 lalu.

Spanyol misalnya, kendati memiliki sejumlah pemain muda potensial, namun ketajamannya masih diragukan. Terbukti dalam beberapa pertandingan terakghir, mereka kesulitan untuk mencetak gol. Ini membuat pelatih Luis Enrique beberapa kali melakukan bongkar pasang pemain untuk mendapatkan komposisi terbaik, terutama di barisan penyerang. Sedangkan Prancis yang menjadi juara bertahan, berkutat dengan masalah-masalah nonteknis seperti cedera pemain, atau sifat egois pemain yang belum bisa hilang untuk kebutuhan tim. Sementara pemain-pemain muda Inggris dan Belgia belum cukup matang.

Regenerasi Brasil terbilang cukup sukses. Produktivitas mereka di babak kualifikasi menunjukkan kekompakkan tim, sekaligus ketajama lini depan dan kekokohan lini belakang. Talenta baru yang mnereka miliki antara lain Anthony di lini depan, Bruno Guimaraes di lini tengah, serta Gleison Bremer dan Roger Ibanez yang tampil cemerlang di klubnya masing-masing. Oleh karenanya, dibanding kontestan lain di Piala Dunia 2022, Brasil menjadi tim yang tidak banyak memiliki masalah. Apalagi, sejak kalah dari Argentina di final Copa America 2021, Tim Samba mencatat 13 laga tanpa kekalahan di semua ajang.

Daftar pemain timnas Brasil untuk Piala Dunia 2022 di Qatar adalah:
Penjaga Gawang: Alisson Becker (Liverpool), Ederson Moraes (Manchester City), Weverton (Palmeiras)
Bek: Gleison Bremer (Juventus) Alex Sandro (Juventus), Danilo (Juventus), Eder Militao (Real Madrid), Roger Ibanez (AS Roma), Marquinhos (PSG), Thiago Silva (Chelsea), Alex Telles (Sevilla)
Gelandang: Bruno Guimaraes (Newcastle United), Casemiro (Manchester United), Fred (Manchester United), Everton Ribeiro (Flamengo), Fabinho (Liverpool), Lucas Paqueta (West Ham United)
Penyerang: Antony (Manchester United), Roberto Firmino (Liverpool), Matheus Cunha (Atletico Madrid), Neymar Jr. (PSG), Pedro (Flamengo), Raphinha (Barcelona), Richarlison (Tottenham Hotspur), Rodrygo (Real Madrid), Vinicius Jr. (Real Madrid).

Brasil merebut Piala Dunia pada tahun 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002. Sejauh ini mereka sudah 21 kali tampil di putaran final (pertama kali pada tahun 1930). Prestasi Terakhir: Babak Perempat Final Piala Dunia 2018 Rekor di Piala Dunia: 109 kali bermain, 73 menang, 18 seri, 18 kalah. Mencetak 229 gol, kebobolan 105 kali.

Nur Muktiadi