blank
Polres Temanggung Polda Jateng saat ungkap kasus terkait komplotan spesialis pembobol toko. Foto: Dok/Bidhumas Polda Jateng

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID) – Polres Temanggung Polda Jateng berhasil meringkus komplotan spesialis pembobol toko, setelah melakukan aksinya di tiga lokasi di wilayah Kabupaten Temanggung.

Kapolres Temanggung, AKBP Agus Puryadi kepada awak media menyampaikan, komplotan spesialis pembobol toko ini terdiri dari empat orang yang diketuai oleh Kharis (42), warga Muntilan yang kesehariannya bekerja sebagai sopir dan disebut sebagai sang kapten, Joko (22) warga Kajoran, Rifai (20) warga Mranggen, dan Mujiono (22) warga Pucungsari Kajoran.

“Komplotan ini merupakan spesialis pembobol toko. Dalam melakukan aksinya mereka sangat professional, mereka membuka gembok dengan menggunakan alat khusus dan merusak CCTV untuk menghilangkan bukti,” terang Agus, Jumat (14/10/2022).

Agus menjelaskan, aksi yang dilakukan komplotan ini antara lain di Pringsurat pada 7 Agustus 2022, Kranggan tanggal 20 Agustus 2022, dan terakhir di Kaloran pada 28 September 2022.

“Total hasil kejahatan di tiga lokasi tersebut sekitar Rp. 201.026.000,” jelas Agus.

Sementara dari pengakuan para tersangka, hasil kejahatannya itu berupa susu formula berbagai merk yang dijual di pasar Bandongan Magelang, sedangkan untuk rokok dijual di Bekasi Jawa Barat.

Sang Kapten mengaku dia sebagai koordinator aksi dan membagi tugas siapa yang akan mensurvei, siapa yang bertugas menjebol kunci dan siapa yang akan menjual hasil kejahatan.

“Kami beraksi saat toko sudah tutup dan tidak ada penjaganya, kemudian hasil kejahatan kami jual dan bagi rata,” ucap Sang Kapten.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya para tersangka mendekam di tahanan Polres Temanggung dan dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

Ning Suparningsih