blank
Maverick Vinales/dok

(SUARABARU.ID) – Sebagai pembalap di kelas utama MotoGP, Maverick Vinales menyatakan tekanan yang datang padanya sangat besar.

Tekanan untuk selalu mendapatkan hasil yang baik, dan tekanan dalam hal mengambil keputusan dalam waktu yang sangat singkat jadi makanan sehari-hari untuk para pembalap..

Saat menjalani balapan, para pembalap di kelas para raja harus mampu berpikir dengan sangat cepat untuk memutuskan apa yang mesti mereka lakukan.

Menurut Vinales, kesehatan mental berperan penting saat mengambil keputusan.

‘’Kesehatan mental sangat penting karena kami harus mengambil banyak risiko hanya dalam sepersepuluh detik,’’ kata Vinales seperti dikutip dari Motosan.

Bagi seorang pembalap, dia harus bertanggung jawab terhadap timnya, sponsor, dan penggemar.

Terkadang hal itu menimbulkan tekanan yang berpengaruh pada emosi pembalap.

Menjadi seorang pembalap, lanjut Maverick, tekanan juga datang dari dalam diri sendiri yang berharap bisa mencapai level tertinggi seperti juara dunia MotoGP.

Pembalap tim Aprilia Racing itu menambahkan MotoGP menawarkan momen bahagia dan kekecewaan dalam waktu yang sangat singkat.

Untuk mengatasi hal tersebut, rider asal Spanyol ini memiliki cara tersendiri, yakni dengan tidak membiarkan dirinya terlalu larut dalam euforia.

‘’Sekali lagi, sangat penting untuk memiliki mentalitas yang sangat stabil. Mencoba untuk menjadi stabil adalah salah satu rahasia yang paling banyak saya pelajari dan yang paling cocok untuk saya,’’ jelasnya.

Top Gun, julukan Vinales, kini bersiap menghadapi Grand Prix (GP) Australia di Sirkuit Phillip Island, 16 Oktober mendatang.

mm