Pada saat pemilihan, PKB menargetkan menempatkan setidaknya satu saksi di setiap TPS. Memasuki tahun 2023, setiap bulan partai akan melakukan pelatihan sedikitnya 100 calon saksi. Untuk saksi ini penting. Bisa nanti bekerja sama dengan partai koalisi, tapi kalau bisa pihaknya ingin setiap TPS ada saksinya.

Partai sudah menyiapkan dana yang cukup untuk kebutuhan ini. Menyinggung pendaftaran caleg tercatat sebanyak 34 orang bakal calon hadir  mengambil formulir, serta mengikuti workshop persiapan Pemilu 2024.

Formasi bakal calon legislatif (bacaleg) sudah merata di Dapil Serengan Pasarkliwon, Laweyan, Banjarsari 1 dan 2, Jebres. Ada sedikit yang belum memenuhi kuota seperti Banjarsari 1 dan 2 masing-masing ada 3 bacaleg dari target 7. Tapi Jebres sudah melebihi target.

“Jika nanti pencapaian target sudah melampaui, kemungkinan kami akan melakukan fit and proper test. Ini untuk melihat tingkat keseriusan bacaleg, tidak ada hubungannya dengan uang,” jelasnya pada acara yang juga dihadiri Ketua Dewan Syuro Aryo Seno Gembong Prakosa, Sekretaris DPC Rofik dan struktur Dewan Pengurus Anak Cabang se-Kota Solo.

Bagus Adji