blank
Bupati Eisti'anah (tengah), membuka Popda Kabupaten Demak, didampngi Pj Sekda Eko Pringgolaksito dan Plt Kadinpora Muh Ridhodin. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Sebanyak 3.088 atlet pelajar akan berkompetisi dalam gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Tingkat Kabupaten Demak. Upacara Pembukaan Popda berlangsung di Lapangan Kendalisodo, Desa Cabean, Kecamatan Demak, Senin (10/10/2022).

Upacara pembukaan dilakukan Bupati Demak, Eisti’anah, dengan ditandai pelepasan puluhan balon ke udara dan pengibasan bendera start untuk nomor lari 5 km. Popda kali ini terdiri dari Korwil atau KKM sebanyak 875 atlet, SMP/MTS 1.092 atlet dan SMA/SMK/MA 1.139 atlet.

Dalam sambutannya, Eisti’anah mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini. Menurutnya, Popda sebagai salah satu pilar pembinaan olahraga Nasional, yang dimulai dari tingkat daerah. Popda ini juga sekaligus sebagai ajang kompetisi para pelajar dan generasi muda, untuk mengembangkan minat dan bakatnya di bidang olahraga.

BACA JUGA: Enam Bintang Muda Menjanjikan di Piala Dunia Qatar 2022

”Harapannya, akan muncul atlet-atlet berbakat dan berprestasi, yang bisa mewakili Kabupaten Demak, di berbagai even tingkat Provinsi sampai Nasional. Kami juga berharap, mereka dapat mengharumkan nama Kabupaten Demak, dengan torehan prestasi olahraga,” kata Eisti’anah.

Ditambahkan dia, Popda harus dijadikan ruang untuk menyalurkan minat dan bakat, sekaligus menyalakan semangat berkompetisi untuk meraih prestasi yang gemilang.

”Prestasi itu hendaknya kalian raih dengan cara-cara yang terdidik dan terhormat, serta menjunjung tinggi nilai sportivitas. Hindari hal-hal yang dapat merusak citra baik pelajar, dan menodai makna berolahraga,” pesannya.

BACA JUGA: Ganjar Sharing Penanganan Stunting dan Integritas di Sulbar

Menurut dia, Popda ini hendaknya tidak hanya menjadi kegiatan rutinitas saja. Namun harus menjadi titik lanjut kaderisasi dan pembinaan olahraga, yang harus dilaksanakan dengan konsisten. Sehingga akan memunculkan altet-atlet Kabupaten Demak yang berprestasi.

Sementara itu, Plt Kadinpora Demak, Muh Ridhodin, menjelaskan, gelaran Popda ini dimulai Senin-Rabu (10-12/10/2022), dengan mempertandingkan enam cabang olahraga.

”Enam cabor itu meliputi atletik, bola tangan, pencak silat, renang, sepak takraw dan tenis meja,” terang dia.

Rudy