blank
Ayu Wanovika sedang mempresentasikan karyanya dalam final lomba karya tulis ilmiah (Karisma 2). (Foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Semarang, Ayu Wanovika dan Audrey Shopia Rekka Kamah meraih juara 2 pada lomba karya tulis ilmiah nasional (Karisma 2) yang diadakan oleh Universitas Ghanesa Bali pada Minggu, 2 September 2022 melalui zoom meeting.

Lomba tersebut mengusung tema “Menggali Potensi Lokal untuk Mewujudkan SDGs di Indonesia tahun 2030”.

Tim KTI dari Universitas Semarang bersaing di final menghadapi 6 finalis yang berasal dari Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Undayanan Bali, dan Universitas Ghanesa Bali.

“Kami mengambil tema ‘lingkungan’ dalam karya tulis kami yang mengangkat permasalahan sampah di Kota Semarang dan energi nonterbarukan yang berdampak kepada krisis iklim,” jelas Ayu Wanovika.

Inovasi yang mereka tuangkan dalam karya tulis ilmiah dengan judul “Penggunaan Aplikasi Peduli Sampah Guna Mengoptimalkan Potensi Listrik PLTSa sebagai Penanganan Permasalahan Sampah dan Energi Terbarukan untuk Indonesia Berkelanjutan” adalah dengan mengusung skema jual sampah bonus token listrik melalui aplikasi peduli sampah yang mereka ciptakan.

“Solusi dari skema yang diimplementasikan melalui aplikasi ini merupakan simbiosis mutualisme yaitu menguntungkan masyarakat dan pihak PLTSa Jatibarang terlebih mampu membuat masyarakat untuk lebih bertanggung jawab terhadap sampah harian serta mengoptimalkan produksi listrik PLTSa sebagai pembangkit listrik terbarukan untuk Indonesia berkelanjutan,” jelas Ayu.

Lomba karya tulis ilmiah (Karisma 2) ini dimenangkan oleh Universitas Pendidikan Ghanesa sebagai juara 1.

“Harapan saya ke depan saya bisa lebih maksimal lagi mengingat lomba kali ini saya sedang perjalanan ke Inggris untuk melakukan pertukaran pelajar jadi persiapan finalnya belum maksimal,” jelas Audrey.

Muhaimin