blank
Kepala Kesbangpol Haerudin,S.H.,M, Pembina UKM PIB USM, Dr. Tri Mulyani, S.Pd., S.H.,M.H, dan Ketua PIB USM, Rusgiarto foto bersama. (Foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– UKM Pengawal Ideologi Bangsa Universitas Semarang (USM) melakukan audensi dengan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah Jl Ahmad Yani No 160, Karangkidul, Kecamatan Semarang pada 4 Oktober 2022.

Hadir dalam audensi itu antara lain Kepala Kesbangpol Haerudin,S.H.,M, Pembina UKM PIB USM, Dr. Tri Mulyani, S.Pd., S.H.,M.H, dan Ketua PIB USM, Rusgiarto.

Kegiatan audiensi tersebut mengusung tema ”Dimanakah Nilai–Nilai Pancasila di Tengah Kenaikan Harga BBM”.

Dalam audensi tersebut terjadi diskusi terkait maraknya mahasiswa yang mengadakan demonstrasi menolak kenaikan harga BBM. UKM Pengawal Ideologi Bangsa memiliki cara tersendiri dalam menyikapi kondisi tersebut.

Mahasiswa sebagai kaum intelektual seharusnya memiliki intelektual dimana mengedepankan rasionalitas bahwa pemerintah pasti memiliki kebijakan yang terukur ketika menaikkan harga BBM dan itu harus dipahami oleh mahasiswa.

Dilansir dari Youtube, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan, dalam dengar pendapat dengan komisi VI DPR RI bahwa Pertamax termasuk jenis bahan bakar umum yang harganya fluktuatif mengikuti harga minyak dunia.

Terbukti beberapa waktu lalu harga Pertamax naik akan tetapi beberapa hari kemudian juga mengalami penurunan.

Berbeda dengan Pertalite walaupun harganya naik akan tetapi pemerintah tetap menyubsidi demi kepentingan rakyat sehingga membebani ABPN sekitar 500 triliun

Dr. Tri Mulyani menyatakan, kehadiran UKM Pengawal Ideologi Bangsa Universitas Semarang di kantor Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah dalam rangka menyambung tali silahturahmi. Selain itu juga bekerja bersama – sama dalam menjalankan program-program untuk meningkatkan semangat nasionalisme.

Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, Haerudin mengatakan, PIB USM dan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah memiliki kesamaan perjuangan karena tidak hanya menangkal radikalisme dan terorisme, tapi juga mengawal dan menjaga Pancasila atas serangan dari siapa saja yang mencoba mengganti ideologi negara Indonesia itu,

Ketua UKM Pengawal Ideologi Bangsa USM, Rusgiharto menyatakan, PIB USM siap bekerja sama dengan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang mengedukasi mahasiswa.

Dalam audensi tersebut memunculkan harapan adanya kerja sama UKM PIB USM dan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah yang berkelanjutan. Sebagai kader – kader bangsa siap menjaga dan mengawal Pancasila agar tetap menjadi dasar Negara Indonesia yang mempersatukan.

Muhaimin