blank
Ketua PMI Blora mengukuhkan Pengurus Kampung Donor Desa Sumber Kecamatan Kradenan. Foto: PMI Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Kampung donor darah kembali terbentuk di wilayah Kabupaten Blora, kali ini Desa Sumber Kecamatan Kradenan yang resmi mengukuhkan pembentukan kampung donor.

Pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Blora, Selasa 5 Oktober 2022, dihadiri jajaran Forkopimcam Kradenan di Balaidesa Sumber,

Ketua PMI Blora Ir. Sutikno Slamet mengatakan bahwa  pengukuhan pembentukan kampung donor darah ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan pemerintah desa di lingkungan pemerintah kabupaten Blora. Saat ini  ada 27 desa yang telah membentuk kampung donor, untuk diketahui di Kabupaten Blora  jumlah desa/kelurahan 295 terdiri dari 271 desa dan 24 kelurahan.

“Untuk di wilayah Kecamatan Kradenan ini sudah ada 6 dengan hari ini. Kalau total di sejumlah wilayah sudah ada 27 kampung donor. Kecamatan Cepu ada 17, Kecamatan Tunjungan 1, Kecamatan Jati 2 dan Kecamatan Jepon 1,” kata Sutikno di Balaidesa Sumber.

Sutikno berharap akan ada banyak kampung – kampung donor yang nantinya terbentuk. Keberadaan kampung donor ini diharapkan bisa membantu kerja – kerja kemanusian yang ada di Desa setempat.

“Semoga ini bisa menginspirasi desa lain untuk segera membentuk kampung donor. Karena tugas mereka nantinya akan bersama-sama membantu kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang ada di desa. Nanti bisa komunikasi langsung dengan Pak Kades, menentukan program-program kemanusiaan apa yang akan dilakukan,” ucap Sutikno.

Sutikno meminta agar pengurus kampung donor yang hari ini dilantik bisa ikhlas bekerja. Tetap semangat dalam mengemban tugas kemanusiaan.

Pengurus Tanpa Pamrih

“Kami tidak bisa memberikan apa-apa. Namanya relawan itu ikhlas bekerja. InshaAllah apa yang jenengan lakukan dibalas lebih Allah SWT,” kata Sutikno.

blank
Ucapan selamat dari  Ketua PMI Blora dan Forkopimcam Kradenan kepada Pengurus Kampung Donor Desa Sumber. Foto: PMI Blora

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Sumber, Arief Susanto mengungkapkan pembentukan kampung donor ini sudah lama dinantikan. Ia berharap pengurus kampung donor bisa bersinergi dengan masyarakat dalam menjalankan tugas kemanusiaan dengan tanpa  pamrih.

“Setelah sekian lama dan hari ini kita bisa lakukan pengukuhan. Pesan saya untuk semua pengurus kampung donor jenengan ini sebagai relawan tanpa pamrih. Tetap semangat untuk membantu kemanusiaan,” pinta Arief Susanto.

Arief juga mengaku akan menganggarkan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan misi kemanusiaan di desanya.

“Tahun depan akan kita anggarkan untuk kampung donor darah ini. Yang terpenting saat ini tetap semangat bekerja dan semoga selalu diberi kesehatan,” tandas Arief Susanto.

Kudnadi Saputro