blank
Tim Reaksi Cepat (TRC) dari BPBD bersama relawan desa dan warga masyarakat, bergotong royong menyingkirkan pohon tumbang yang melintang jalan.(Dok.BPBD Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Arus lalu lintas antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Gunungkidul (DI Yogyakarta) lewat Wuryantoro, Senin (4/10), sempat macet karena terhalang pohon tumbang yang melintang jalan.

Warga menyebutkan, tumbangnya pohon yang melintang jalan itu, terjadi setelah Wonogiri diguyur hujan sejak Minggu (2/10). Tidak ada korban, karena saat pohon itu tumbang, jalanan dalam keadaan kosong, tidak ada kendaraan yang melintas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, kejadian pohon tumbang ini berlangsung dua kali. Yakni pada Pukul 06.00 dan Pukul 08.05.

Lokasinya di Kilometer 7 Wonogiri-Wuryantoro, tepatnya di Dusun Jatisari dan Dusun Dawe, Desa Gumiwanglor, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

Kata Bambang Haryanto, penyebabnya karena guyuran hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, telah mengakibatkan tanah menjadi gambur (lunak). Menyebabkan pohon (turus jalan) yang tumbuh di tepi jalan, tumbang karena akarnya tidak begitu dalam.

Pulih Lancar

Upaya penanganan pemulihan dampak bencana ini, langsung dilakukan oleh Tim BPBD bersama Relawan Desa Sendang Kecamatan Wonogiri dan warga masyarakat sekitar.

Upaya pemulihan dapat diselesaikan dengan lancar, dan kondisi kembali normal. Hubungan darat di jalur tersebut, kembali dapat dipulihkan dengan normal.

Untuk antisipasi dampak lain, telah dilakukan koordinasi dengan Petugas Lapangan Balai Pengelola Jalan PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah wilayah Surakarta.

Utamanya untuk melakukan pengecekan dan pemetaan keberadaan turus pohon tepi jalan, yang berpotensi rawan tumbang. Harapannya, pohon yang rawan tumbang dapat segera ditebang, untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Bambang Pur