blank
Tiga alumni SMKN 1 Batealit lolos seleksi magang kerja di Jepang bersama guru pembimbing (Foto: Aditya)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pada tahun 2022 SMK Negeri 1 Batealit Kabupaten Jepara sukses mencatat sejarah baru yang membanggakan dengan mengantarkan 3 alumninya lolos seleksi magang kerja nasional yang diselenggarakan oleh Direktur Bina Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi dan Pemagangan Kemnaker RI pada tanggal 9 – 11 Agustus yang bertempat di Gedung BPKK Kota Bekasi.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 124 calon peserta pemagangan luar negeri di Jepang dinyatakan lolos seleksi dan 3 diantaranya adalah alumni SMK Negeri 1 Batealit Kabupaten Jepara atas nama Muhammad Yusril Ilham (Alumni TKRO), Muhammad Saifin Nuha (Alumni ATPH) dan Rosita Ana Khoirina (Alumni OTKP).

blank
Muhammad Aditya Oktava, S.Psi, S.Pd Koordinator BKK SMKN 1 Batealit (Foto Dok Pribadi)

Selaku koordinator BKK SMK Negeri 1 Batealit, Muhammad Aditya Oktava, S.Psi., S.Pd menjelaskan bahwa sejak penandatangan MoU Kerjasama antara SMK Negeri 1 Batealit dengan LPK Eiko Gakkou Purwodadi, kami sepakat untuk memfasilitasi, mendampingi, hingga melatih para lulusan agar bisa lolos dalam mengikuti seleksi nasional program magang kerja di Jepang yang diselenggarakan oleh Direktur Bina Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi dan Pemagangan Kemnaker RI.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa terdapat beberapa proses seleksi yang harus dilalui dalam kegiatan seleksi nasional tersebut yang diantaranya adalah seleksi fisik, seleksi tes matematika dasar, dan seleksi wawancara. Namun untuk mempersiapkan segala macam seleksi yang akan dilakukan, pihak BKK SMK N 1 Batealit telah bekerjasama dengan LPK Eiko Gakkou Purwodadi agar bersedia untuk mendidik dan melatih para ketiga alumni tersebut. Adapun proses Pendidikan dan pelatihan di LPK Eiko Gakkou akan dilaksanakan selama satu bulan penuh.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Batealit Kabupaten Jepara, Suswanto Djony Purnawan, S.Pd., M.Pd menjelaskan bahwa keberhasilan sekolah dalam mengantarkan 3 alumninya dalam seleksi nasional magang kerja di Jepang merupakan sejarah baru yang menjadi kebanggaan seluruh civitas akademik dilingkungan SMK Negeri 1 Batealit Jepara, tak terkecuali bagi para orang tua dari alumni yang telah dinyatakan lolos dalam seleksi tersebut.

“Keberhasilan ini merupakan awal yang baik untuk menginspirasi dan memotivasi para siswa-siswi SMK Negeri 1 Batealit yang saat ini duduk dikelas XII agar bisa mengikuti jejak para alumninya” terangnya.

Harapannya agar kedepan bisa lebih banyak lagi alumni-alumni SMK Negeri 1 Batealit Jepara yang berhasil lolos dalam seleksi nasional magang kerja di Jepang” tututpnya.

Hal tersebut tentunya senada dengan tujuan dalam pendidikan SMK yaitu membekali peserta didik dengan kompetensi keahlian melalui sertifikasi yang bertaraf nasional maupun internasional, Menyiapkan tamatan yang siap bekerja dan berwirausaha dengan daya kompetitif dan memiliki keunggulan.

M. Aditya Oktava, S.Psi., S.Pd. Koordinator BKK SMK N 1 Batealit – Dedy