blank
Anggota Senkom Mitra Polri Kebumen bersama Polsek Ambal dan Kodim 0709 Kebumen membersihkan sampah Pantai Mliwis Ambal, Minggu (2/10) pagi.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Anggota Sentral Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Kebumen Minggu (2/10) pagi membersihkan sampah di kawasan Pantai Mliwis Desa Kenoyojayan, Kecamatan Ambal.

Dalam aksi tersebut Senkom Mitra Polri Kebumen menggandeng Polsek Ambal, serta didukung penuh personel Kodim 0709 Kebumen, Koramil Ambal, Kormail Mirit dan Koramil Buluspesantren. Bahkan ikut pula dalam gerakan memungut sampah itu anggota Pramuka Saka Wira Kartika Ambal.

Gerakan kebersihan di pantai wisata Kebumen selatan yang paling ramai itu dimulai Pukul 09.00. Kapolsek Ambal Iptu Wiyono memimpin apel di kawasan pantai. Anggota Senkom Mitra Polri didukung Polsek Ambal dan TNI serta Saka Wira Kartika langsung memunguti sampah yang berserakan di kawasan pantai.

Mereka mengumpulkan sampah plastik, kertas dan daun serta kayu. Selanjutnya dimasukkan karung plastik. Sampah dan kotoran di pantai itu lalu dikumpulkan dan dinaikkan ke mobil truk milik Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan Kebumen.

Ketua Senkom Mira Polri Kebumen Sabdono Rahayu kepada Suarabaru.id menjelaskan, gerakan kebersihan dengan memungut sampah di Pantai Mliwis Ambal itu masih rangkaian kegiatan Hari Kebersihan Sampah Dunia atau World Clean up Day, serta untuk mengedukasi masyarakat maupun wisatawan agar ikut menjaga kebersihan pantai.

Menurut Sabdono, gerakan kebersihan itu juga untuk mendukung upaya Pemerintah menjaga kebersihan di lingkungan publik, utamanya objek wisata. Dia berbharap melalui kegiatan bersih pantai mendorong pengunjung dan pelaku wisata selalu menjaga kebersihan serta tidak membuang sampah sembarangan.

“Kami mengerahkan sekitar 70 personel dari Senkom Mitra Polri Kebumen dan keluarga. Didukung pula dari Polsek Ambal, Kodim 0709 dan Koramil serta adik-adik Pramuka Saka Wira Kartika Ambal,”jelas dia.

Sabdono menyatakan, gerakan kebersihan di Pantai Mliwis itu secara khusus juga mendapat dukungan dari Kodim 0709 menyambut HUT ke 77 TNI pada 5 Oktober. Ada sejumlah personel TNI dari Kodim 0709, Koramil Ambal dan Koramil Mirit serta Koramil Buluspesantren berpartisipasi pada gerakan kebersihan Pantai Mliwis.

Ketua Pantia Bersih-bersih Pantai MliwisiSuranto mengatakan, pihaknya melakukan gerakan kebersihan sebagai upaya menciptkan lingkungan wisata yang bersih dan nyaman. Pada tahun depan Senkom Mitra Porli Kebumen merencanakan gerakan pungut sampah di Pantai Cilacap dan Pantai Purworejo.

“Kami berharap melaklui gerakan kebersihan ini juga diikuti masyarakat baik pedagang atau pengunjung. Sekaligus sebagai andil Senkom Mitra Polri Kebumen mendukung kemajuan pariwisata daerah,’’imbuh Suranto.

Seusai memungut sampah pantai, anggota Senkom Mitra Polri Kebumen bersama TNI Kodim 0709 serta Saka Wira Kartika Ambal beristirahat menikmati air putih dan makan siang. Menu makan siang nasi bungkus sayur tempe dan daging kambing. Makan siang secara lesehan di area parkir Pantai Mliwis.

Komper Wardopo