blank
Poster film Jailangkung Sandekala dan unggahan tentang penonton yang hampir sejuta dalam delapan hari tayang. Foto: Sumber: instagram.com/titikamal

SIAPA yang tidak tahu dengan tokoh legenda horor Indonesia, yaitu Jailangkung? Kali ini Jailangkung ketiga kembali ke bioskop dengan judul “Jailangkung Sandekala”.

Sutradara film kali ini berbeda dengan dua film sebelumnya. Kali ini Jailangkung Sandekala disutradarai oleh Kimo Stamboel, dan tayang sejak 22 September 2022 lalu.

Film ini berkisah tentang Adrian (Dwi Sasono) dan istrinya Sandra (Titi Kamal), beserta kedua anak mereka, yaitu Niki (Syifa Hadju) dan Kinan (Muzakki Ramdhan), yang sedang berlibur ke luar kota.

Ketika berada di sebuah danau yang menjadi destinasi wisata mereka, Kinan secara misterius menghilang tanpa jejak pada saat matahari terbenam. Keluarga kecil tersebut panik mencari-cari Kinan di daerah yang sangat asing untuk mereka.

Mereka justru menemukan sebuah boneka jailangkung di tengah-tengah pencarian yang menegangkan.

Mau tidak mau, mereka terpaksa untuk mencari Kinan yang hilang. Ini tidak mudah bagi mereka karena ternyata terdapat gangguan horor yang terus menghantui mereka dan hal ini ternyata berhubungan dengan hilangnya sang adik.

Film ini tidak hanya menawarkan genre horor, tetapi juga sedikit unsur komedi dan drama keluarga. Kelebihan film ini adalah plot twist yang tidak terduga muncul di tengah film. Selain itu, detail adegan dalam film ini sangat terhubung dengan setiap alur.

Alur film ini cukup klise, tetapi ditulis dengan penyelesaian yang kompleks karena masalah yang terus bertambah seiring dengan berjalannya cerita. Jumpscare yang ditambahkan sangat pas dengan waktunya, adapun terdapat beberapa adegan yang memiliki nuansa gore (genre komik dengan cerita kekerasan)..