blank
Tim SAR gabungan tengah melakukan pencarian terhadap korban F yang diduga tenggelam di Pantai Sodong, Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Foto: Dok/SAR

CILACAP (SUARABARU.ID) – Seorang remaja asal Cilacap diduga tenggelam di Pantai Sodong Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada Minggu (2/10/2022).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, Adah Sudarsa menyampaikan, pihaknya mendapatkan informasi adanya warga Cilacap yang tenggelam di Pantai Sodong pada Minggu (2/10/2022) pukul 09.10 WIB.

“Ada laporan, dan Cilacap Rescue langsung menghubungi regu piket jika ada seseorang yang tenggelam di Pantai Sodong,” kata Adah.

“Selanjutnya kita langsung memberangkatkan satu regu dan peralatan pencarian di air, diantaranya rubber boat, aqua eye, underwater searching fevice, rescue nett, alkom, motor trail, dan alat selam menuju lokasi kejadian,” ungkapnya.

Adah menjelaskan, peristiwa bermula saat rombongan yang terdiri dari 8 orang ini berangkat dari Desa Kesugihan Kidul, Kecamatan Kesugihan menggunakan kendaraan Koperades untuk berekreasi di Pantai Sodong. Sesampainya di Pantai Sodong, mereka langsung bermain air di muara pantai sekitar pukul 08.15 WIB.

“Saat sedang asik-asiknya bermain, F (12) dan satu orang temannya terseret arus. Melihat kejadian itu seorang saksi mencoba menolongnya. Namun saksi hanya mampu menolong teman F, sedangkan F terbawa arus dan hingga saat ini belum ditemukan,” terang Adah.

Korban F merupakan warga Desa Kesugihan Kidul Kecakatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Saksi sendiri bernama Mugiono (50), seorang sopir Koperades warga Jalan Kauman Desa Kesugihan Kidul Kabupaten Cilacap

Sementara itu pencarian yang dilakukan tim SAR adalah dengan penyisiran menggunakan rubber boat, alat aqua eye dan underwater searching device untuk mencari keberadaan korban di dalam air.

Hingga saat ini tim SAR gabungan dari Basarnas Cilacap, BPBD Cilacap, Polsek Adipala, Koramil Adipala, Cilacap Rescue, Rapi Cilacap, Banser, MTA yang dibantu nelayan sekitar tengah melakukan pencarian terhadap korban.

Ning Suparningsih