blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Siswa asal Jepara, Cloris Fidela, berpeluang tampil di olimpiade sains internasional tahun 2022 yang akan berlangsung di Kolombia, akhir tahun ini. Murid kelas IX SMP Negeri 1 Jepara tersebut, telah dinyatakan lolos seleksi tahap I. Dia masih menunggu pengumuman hasil seleksi dua tahap II untuk memelihara peluang maju ke olimpiade sains tingkat dunia itu.

“Nama olimpiadenya The 19th International Junior Science Olympiad (IJSO) 2022. Akan berlangsung di Bogota, Kolombia,” kata Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Ahmad Nurrofiq, melalui Widyaprada Ahli Muda Sub Koordinator Pengendalian Mutu SMP, Wuriyanto, Jumat (30/9/2022).

blank
Sub Koordinator Pengendalian Mutu SMP Disdikpora Kabupaten Jepara, Wuriyanto.

Menurut Wuriyanto, IJSO hanya mempertandingkan bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), memberikan kesempatan tersebut kepada para peraih medali Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang IPA tingkat nasional tahun 2021 dan 2022.

“Cloris Fidela adalah peraih medali perunggu bidang IPA OSN Tingkat Nasional tahun 2022,” kata Wuriyanto.

Bersama para peraih medali emas, perak, dan perunggu OSN tahun 2021 dan 2022, Cloris Fidela kemudian mengikuti seleksi tahap I untuk mendapat tiket ke Kolombia. Selain meraih medali OSN tingkat nasional tahun 2021 dan 2022, syarat lainnya adalah, berusia 16 tahun ke bawah. Peserta dalam seleksi ini mengikuti serangkaian tes seperti ujian mata pelajaran Biologi, Fisika, dan Kimia sesuai dengan bidang yang akan dilombakan di ajang IJSO.

Seleksi tahap I dilaksanakan secara daring pada 19 September 2022, diikuti 94 peserta didik dari 24 provinsi di Indonesia. Jawa Tengah diwakili 3 peserta dari Kabupaten Jepara, Semarang, dan Tegal. Cloris Fidela dinyatakan lolos seleksi yang totalnya menjaring 40 peserta dari 16 provinsi.

Setelah lolos seleksi tahap I, Cloris Fidela mengikuti seleksi tahap II yang dilaksanakan di masing-masing provinsi. Seleksi digelar secara luring pada Senin, 26 September 2022.

blank
Cloris Fidela

“IJSO adalah ajang bergengsi tingkat dunia. Hasil seleksi tahap II akan diambil 12 peserta oleh Puspresnas untuk dilakukan pembinaan yang direncanakan dilaksanakan tanggal 2-16 Oktober 2022. Selanjutnya dari 12 peserta akan dijaring lagi menjadi 6 peserta yang akan mewakili Indonesia berangkat ke Kolombia. Mohon doanya agar wakil Jepara bisa lolos mewakili Indonesia pada ajang tersebut,” tambah Wuriyanto.

IJSO merupakan ajang kompetisi bergengsi yang mewadahi peserta didik SMP dalam bidang sains tingkat internasional. IJSO bertujuan memberikan dorongan positif bagi pendidikan sains dan matematika di tingkat sekolah khusunya SMP. Tahun ini IJSO akan dilaksanakan pada 2-12 Desember 2022 di Bogota, Kolombia.

Hadepe