blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Aplikasi belanja produk pertanian segar kini hadir untuk warga Jepara. Berlabel “Jepara Fresh”, aplikasi ini sudah bisa diunduh di Google Playstore. Dengan aplikasi ini, warga tak perlu ke luar rumah untuk berbelanja buah, sayur, dan berbagai produk pertanian segar lainnya.
“Akan kami antar ke rumah pembeli sesuai daftar belanjaan yang dibeli melalui aplikasi,” kata Andi Kurniawan, Ketua Paguyuban Agro Lestari Muria (PAL-M), Kamis (29/9/2022). PAL-M merupakan ormas yang yang bergerak di bidang pertanian, yang meluncurkan aplikasi ini pada Rabu (28/9/2022) di Benteng Portugis Donorojo, Jepara.
Andi Kurniawan mengklaim, Jepara Fresh adalah aplikasi belanja online produk pertanian segar pertama di Jepara. Karena itulah, peluncuran aplikasi ini dia sebut dihadiri dua kelapa dinas sekaligus, yakni Kepala Bappeda Subiyanto dan Diskop UKM Nakertrans, Samiaji. Hadir juga Camat Donorojo, Petinggi Banyumanis dan Lembaga yang mendukung program ini, yaitu LPPNU dan LPNU.

blank
“Kehadiran tersebut merupakan bentuk apresiasi dan motifasi tersendiri bagi kami,” kata Andi.
Jepara Fresh dia sebut menghadirkan kemudahan dalam berbelanja dan memberikan kenyamanan pemasaran dan jaminan persaingan harga kepada petani.
“Ini persembahan untuk petani yang kesehariannya sudah fukus dengan budidaya agar tidak lagi khawatiran akan pasar karena jeparafresh.com menjadi solusi dalam pemasaran dan memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan kebutuhan dapur,” tandasnya.
Jepara Fresh merupakan bisnis plan PAL-M yang dinakhodai Karsono, petani milenial sekaligus sekretaris PAL-M. Dia menyampaikan, dengan aplikasi jeparafresh.com, ibu-ibu yang tidak sempat ke pasar bisa berbelanja dengan mengisi data termasuk alamat. Pemesanan hari ini akan dikirim esok hari, langsung ke alamat pemesan dengan jasa kurir dari Jepara Fresh sendiri.
Saat ini ada lima menu pilihan yang ditanpilkan yaitu paket buah fresh, paket bumbu lengkap, paket daging fresh, paket ikan fresh, dan sayur instan. Kedepan menu produk olahan juga menjadi bagian yang akan menambah keanekaragaman barang yang akan bermitra dengan UMKM binaan Diskop UKM Nakretrans Jepara dan LPNU Jepara.
Hadepe