blank
Babinsa bersama Bhabinkamtibmas sambangi kawasan persawahan di wilayah desa Dringo. Foto: Polsek Todanan

BLORA (SUARABARU.ID) – Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Fahrurozi, SIK, MM, MH instruksikan anggotanya untuk aktif patroli ke kawasan persawahan dan permukiman warga. Hal tersebut dilakukan guna mencegah terjadinya kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di area persawahan.

“Anggota kita berdayakan untuk patroli blusukan di sawah dan pemukiman, dengan tujuan utama menjaga keamanan warga, dan antisipasi curanmor di sawah,” kata Kapolres Blora, Kamis, (29/09/2022).

Lebih lanjut, Kapolres Blora menjelaskan bahwa sebagian besar penduduk Blora adalah petani, sehingga banyak warga yang menghabiskan waktu beraktivitas di sawah.

Dan saat ini sepeda motor masih menjadi sarana transportasi favorit untuk hilir mudik dari rumah ke area persawahan, daripada sepeda motornya hilang di sawah kan perlu dijaga keamanannya.

“Berdasarkan pantauan anggota di lapangan, banyak sepeda motor diparkir di tepi jalan area persawahan. Maka dari itu instruksi ini sangat perlu dilakukan guna mencegah terjadinya kasus curanmor,” ungkap Kapolres.

Menindaklanjuti hal tersebut, Polsek jajaran Polres Blora langsung bergerak. Salah satunya yang dilakukan di wilayah Kepolisian Sektor (Polsek) Todanan.

Nampak Bhabinkamtibmas desa Dringo Aipda Ahmad bersama Babinsa Koramil Todanan Serma Juanto sambang ke kawasan persawahan di wilayah binaannya.

Dalam sambang tersebut, Bhabinkamtibmas dan Babinsa mengimbau warga yang beraktivitas di sawah untuk hati – hati dan waspada terutama dalam memarkir kendaraan bermotornya.

“Kepada warga kita imbau agar waspada. Saat parkir kendaraan agar dikunci dan diawasi bahkan kalau perlu diberikan kunci tambahan,” kata Bhabinkamtibmas Aipda Ahmad.

Kehadiran Bhabinkamtibmas dan Babinsa tersebut mendapat tanggapan positif dari warga, salah satunya adalah Supriyanto Seorang petani desa Dringo, Kecamatan Todanan.

“Terima kasih pak Bhabin kita diingatkan untuk waspada curanmor, dengan kehadiran pak Bhabin kami menjadi lebih tenang,” kata Supriyanto sambil parkirkan sepedamotornya dibawah pohon jambu.

Sementara itu, Kapolsek Todanan Iptu Sulbekti menyampaikan bahwa sesuai instruksi dari Kapolres Blora, Bhabinkamtibmas telah di arahkan patroli mengitari wilayah persawahan dan pemukiman penduduk. guna mengantisipasi terjadinya kasus curanmor.

Kapolsek Iptu Sulbekti menyampaikan bahwa patroli kepolisian telah rutin dilaksanakan, namun ketika warga banyak beraktivitas di sawah seperti ini, patroli lebih ditingkatkan ke area persawahan dan juga pemukiman penduduk.

“Hal itulah yang harus kita antisipasi dengan patroli untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan,” tandas Kapolsek Todanan.

Kudnadi Saputro