blank
Fadlillah Dzikir Imania

MESKI terlahir dari keluarga sederhana, tak menyurutkan semangat Fadlillah Dzikir Imania untuk meraih gelar sarjana ekonomi di Universitas Semarang (USM).

Anak ketiga dari pasangan Masniyah dan Sodik itu berhasil menyelesaikan kuliah tepat waktu selama 4 tahun. Dalam Wisuda Ke-64 USM pada 27 September 2022, Fadlillah dinobatkan sebagai wisudawan terbaik dengan IPK 3,74.

Sehari-hari, ibu Fadlillah bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) di Jakarta. Sedangkan babaknya bekerja sebagai tukang ojek.
”Saya tidak malu, bahkan saya bangga memiliki ibu yang hebat bisa menguliahkan saya dari awal sampai selesai. Berkat doa orang tua juga saya bisa lulus dengan nilai yang baik,” kata Fadlillah.

Selama kuliah, dia aktif di organisasi Himpunan Mahasiswa (Hima) sebagai ketua umum dan di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai menteri. Keputusannya memilih kuliah di USM setelah dia beberapa kali mencoba mendaftar di kedinasan tetapi tidak keterima.

”Saya memutuskan kuliah di USM karena saya lihat di sini saya malah bisa berkembang dan bisa maju. Saya memanfaatkan peluang dengan meraih beasiswa. Alhamdulillah saya mendapatkan beasiswa KIP Kuliah,” ungkapnya.

Dia berharap, ke depan bisa membanggakan orang tuanya
dan bisa merubah kehidupan keluarganya.

”Saya ingin mengangkat derajat keluarga agar tidak dipandang rendah dan saya ingin mengangkat derajat ibu terutama karena ibu yang nguatin saya. Selama ini ibu telah berjuang untuk bisa menguliahkan saya. Saya ingin bisa meningkatkan finansial keluarga,” ujarnya.

Tidak hanya kuliah dan aktif di organisasi mahasiswa, dia juga mengisi waktunya dengan memanfaatkan secara produktif untuk mengenal dunia kerja.

Dia berpesan bagi para mahasiswa USM lain untuk tetap semangat menyelesaikan kuliahnya.

”Kalian harus yakin bisa melalui semua rintangan karena tidak ada yang mustahil jika kalian memiliki niat sungguh-sungguh,” ungkapnya.

Muhaimin