blank
Ronny Cahyo Nugroho, Camat Semarang Selatan didampingi Agung Suryawan dari Nestle Health Science memberikan paket nutrisi makanan tambahan kepada perwakilan orang tua, di Balai Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang, Minggu (25/9/2022). Foto : Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) Sibening Selalu atau Semua Ikut Bergerak Bersama Menangani Stunting Semarang Selatan Unggul, bekerja sama dengan salah satu perwakilan perusahaan yang ada di Semarang, membagikan nutrisi makanan tambahan serta doorprize kepada sejumlah anak, Minggu (25/9/2022).

Bertempat di Balai Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, kurang lebih sebanyak 21 anak di bawah lima tahun, menerima nutrisi makanan tambahan dari Nestle Health Science, yang ada di Kota Semarang.

Dicky Hutapea, Ketua Sibening Selalu mengatakan, bahwa kerjasama-kerjasama ini telah dibangun dengan melibatkan seluruh potensi yang ada di Sibening Selalu, dengan mengajak stakeholder pengusaha di wilayah Semarang Selatan, untuk ikut bersama-sama membantu menangani stunting anak.

“Kita telah melakukan beberapa upaya, untuk menggandeng masyarakat ikut menangani stunting anak di Kecamatan Semarang Selatan ini. Yaitu dengan silaturahmi ke teman-teman perhotelan, lalu perbankan, ada juga tempat ibadah. Pokoknya potensi yang ada kita maksimalkan dan bekerjasama dengan Puskesmas Lamper Tengah serta Puskesmas Pandanaran. Kegiatan inipun yang menginisiasi Pak Irwan Loekito ini, salah satu pengurus Sibening Selalu,” jelasnya sembari menunjuk Irwan Loekito, Bendahara Sibening Selalu di pintu masuk Balai Kelurahan Peterongan.

Dari beberapa upaya yang telah dilakukan, lanjutnya, hingga saat ini ada 16 orang tua asuh untuk menjadi donatur setiap bulannya untuk masing-masing penderita stunting anak di Kecamatan Semarang Selatan.

“Ke 16 donatur ini, mengalokasikan dananya Rp 900 ribu tiap bulannya untuk masing-masing penderita stunting anak. Oleh sebab itu, kita targetkan 3 bulan ke depan, 22 penderita stunting anak kita upayakan bisa lulus semua atau nihil,” ujar salah satu pengurus KONI Kota Semarang ini.

Camat Semarang Selatan Ronny Cahyo Nugroho menyebut, bahwa Sibening Selalu ini merupakan konsep partisipasi masyarakat dengan bergerak bersama menggandeng beberapa pengusaha dan juga pewarta yang selalu menginformasikan kegiatan Sibening. Salah satu contoh adalah kegiatan saat ini, yang telah menggandeng perusahaan Nestle untuk mendukung program kegiatan Sibening Selalu.

blank
Pengurus Sibening Selalu danLurah se Kecamatan Semarang Selatan, ikut hadir dalam pembagian makanan nutrisi tambahan kepada orang tua, yang anaknya terindikasi terkena stunting di Balai Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. Minggu (25/9/2022). Foto : Absa

“Terimakasih, maturnuwun untuk Pak Irwan yang telah menggagas kegiatan ini, dengan menggandeng Nestle. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Nestle Health Science yang merespon baik dan menerima ajakan Sibening Selalu, untuk bersama-sama ikut menangani stunting. Terimakasih atas bantuannya dalam berbagai bentuk, yang pastinya sangat berdampak baik. Terimakasih juga untuk Ibu dokter spesialis anak dokter Novita Wijayanti, yang bersedia memberikan edukasi kepada orang tua, bagaimana menangani stunting,” ucapnya dalam sambutan sebelum pembagian makanan nutrisi tambahan secara simbolis kepada perwakilan orang tua yang hadir.

Terakhir, lanjut Camat Ronny, pihaknya memberikan apresiasi kepada Sibening Selalu, yang dilantik tepat tanggal 17 Agustus lalu, atas upayanya dalam menangani stunting di Kecamatan Semarang Selatan.

“Selamat dan sukses untuk Sibening Selalu, atas seluruh upaya yang telah dilakukan untuk penanganan stunting di Kecamatan Semarang Selatan. Dan saat ini, ada kunjungan kerja dari Kelurahan Kecomberan Kabupaten Cirebon sekaligus studi banding penanganan stunting di Semarang Selatan, khususnya di Kelurahan Wonodri. Artinya penanganan stunting di Kecamatan Semarang Selatan sudah terdengar hingga luar Jawa Tengah. Mudah-mudahan kegiatan yang baik ini dapat terus berkelanjutan,” harapnya mengakhiri sambutannya.

Tidak Hanya Semarang Selatan 

Agung Suryawan dari Nestle Health Science (NHS) menyatakan bahwa program bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian perusahaan, dalam ikut membantu pemerintah dalam menangani stunting di Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang melalui Sibening Selalu.

“Ya sebelumnya kita memang dihubungi oleh Sibening Selalu, untuk bisa ikut membantu dalam penanganan stunting di wilayah Kecamatan Semarang Selatan ini. Ya mudah-mudahan bantuan yang kami berikan ini, dapat membantu penanganan stunting. Karena Kami Nestle Indonesia, melalui divisi Nestle Health Science, siap membantu program-program dari pemerintah,” ungkapnya di sela-sela pembagian paket makanan nutrisi tambahan kepada orang tua.

Harapannya kedepan, imbuh Agung, Nestle Health Science nantinya tidak hanya membantu di Kecamatan Semarang Selatan, namun bisa di kecamatan-kecamatan lain di Kota Semarang.

Hadir pada kesempatan itu, pengurus dan kader-kader Sibening Selalu dan Lurah se Kecamatan Semarang Selatan serta beberapa orang tua yang penerima makanan penambah nutrisi tambahan.

Absa