blank
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (kiri), menyerahkan tropi kejuaraan dan hadiah uang pembinaan kepada peraih juara Pacitan Surf Fishing Bupati Cup Ke-1 Tahun 2022.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Ratusan pemancing ikan dari tiga provinsi, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah serta DI Yogyakarta, ikut dalam Lomba Mancing Pacitan Surf Fishing Bupati Cup Ke-1 Tahun  2022.

Acara yang digelar oleh komunitas mancing Pacitan Angler Community tersebut berlangsung Minggu (25/9) di Pantai Pancer Door Pacitan. Kawasan pantai ini masuk dalam peta wisata bahari unggulan di Kabupaten Pacitan.

Mancing surf fishing (pasiran) adalah salah satu teknik mancing yang dilakukan di spot-spot pantai berpasir yang berombak, dengan cara melempar umpan dari pinggir pantai sejauh mungkin, agar bisa mencapai lokasi wilayah perairan. Para pemancing, sekaligus dapat menikmati keindahan pantai, semilirnya angin dan gelombang laut.

Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, event Pacitan Surf Fishing Bupati Cup Ke-1 memperebutkan satu kategori kejuaraan. Yakni, kategori strike ikan terberat, kecuali jenis ikan buntal dan sidat/oleng-oleng. Pemenang diambil juara 1, 2 dan 3 dan berhak mendapatkan piala serta uang pembinaan.

Sarana Promosi

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji yang hadir langsung menyerahkan hadiah kejuaraan, mengapresiasi gelaran event Pacitan Surf Fishing Bupati Cup K2-1 Tahun  2022. Terlebih peserta yang mengikuti lomba datang dari berbagai daerah. Potensi ini, menurut Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), menjadi sarana untuk mempromosikan Pacitan khususnya di sektor pariwisatanya.

”Kita harus membuat banyak event untuk mengangkat Pacitan. Salah satunya, dengan lomba memancing ini,” tegas Bupati. Ke depan, tambahnya, kalau bisa lokasinya bisa digelar berpindah-pindah. ”Karena kita memiliki spot mancing yang banyak,” katanya.

Pacitan Surf Fishing Bupati Cup Ke-1 Tahun  2022 didominasi oleh pemancing tuan rumah. Terbukti juara 1, 2 dan 3 semuanya diborong pemancing lokal Pacitan. Strike terberat diperoleh Antok, pemancing asal Soge, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, dengan bobot ikan 8,95 ons dengan jenis ikan Surung/Keprek/Kuro/Senangin.

Bambang Pur