blank
Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro.

TEGAL (SUARABARU.ID) – Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro ST telah menerima gelar kehormatan Raden Tumenggung dari Kraton Surakarta Hadiningrat. Prosesi pemberian gelar ini dilaksanakan bersama 100 orang lainnya, di Pendopo Ganda Arum, Bogangin, Sumpiuh, Banyumas, komplek makam Brawijaya V (Kyai Sapanyana) Minggu, (25/09/2022).

Kusnendro diberi gelar Raden Tumenggung Nendropuro sesuai dengan yang tercantum di dalam sertifikat Kakancingan Angka 465/N/9/22 Pengageng Parentah Karaton Surakarta Hadiningrat. Sertifikat ini ditandatangani Mahamentri Kanjeng Pangeran Haryo Adipati Daryonagoro atas nama Sinoehoen Kanjeng Soesoehoenan Panembahan Agung Tedjowulan. Selain itu, Kusnendro juga mendapat Anugrah sebagai anggota Prakarsa Garba Mataram.

blank
KEHORMATAN – Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro bersama tokoh lain yang menerima Gelar Kehormatan Raden Tumenggung Nendropuro dari Kraton Surakarta Hadiningrat. (foto: istimewa)

Wisudha dihadiri oleh Sinuhun Tedjowulan beserta Garwadalem Gusti Kangjeng Ratu Mas, Putridalem Gusti Kangjeng Raden Ayu Putri dan Gusti Kangjeng Raden Ajeng Dewi, Mantudalem dan Wayahdalem, Para Pangeran, KPHAA Panembahan Pakoenegoro, KPHAA Daryonagoro, KP Hamintonagoro, KP Mundinghasto, KP Wongsonagoro, dan tuan rumah Kangjeng Pangeran Ja’far Anom Sidakarsa, serta sejumah tamu undangan.

Saat penganugerahan gelar Kusnendro berbusana beskap lengkap dengan keris, blangkon dan logo dari logam bergantung di bagian depan yang merupakan ciri sebagai Prakarsa Garba Mataram.

Pemberian gelar Raden Tumenggung Nendropuro merupakan gelar kehormatan untuk tokoh/pemimpin yang diyakini oleh keraton mampu berkarya serta melestarikan budaya dan menjaga keberagaman.

Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro kepada wartawan menyampaikan, pihaknya tidak pernah bermimpi akan mendapat anugerah dari Kraton Surakarta atau manapun. “Saya seperti kejatuhan bulan. Bahkan bermimpipun tidak pernah. Saya benar-benar bersyukur karena telah diberi kepercayaan oleh Kraton Surakarta untuk menerima gelar ini. Ini adalah tanggungjawab besar dan semoga ke depan saya akan selalu amanah serta komitmen untuk menjaga budaya dan keberagaman,” ungkapnya.

Sutrisno