blank
Lestari Moerdijat. Foto: fn

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Akselerasi pembangunan di sektor pendidikan, saat ini sangat dibutuhkan. Berbagai upaya yang bertujuan mempercepat pengembangan pendidikan Nasional ke arah yang lebih baik, harus terus didukung.

”Di tengah berbagai perubahan yang terjadi saat ini, upaya untuk meningkatkan daya adaptasi dan mengakselerasi pembangunan sektor pendidikan, sangat dibutuhkan,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/9/2022).

Dalam sepekan terakhir, ramai diberitakan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), di satu forum internasional di New York, Amerika Serikat, mengungkapkan, pihaknya memiliki tim khusus dalam rangka menyukseskan program-program Kemendikbudristek.

BACA JUGA: Kakanwil: Bentuk Rasa Syukur dengan Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat

Sejumlah kalangan pun mempersoalkan keberadaan tim khusus itu, yang dikhawatirkan menimbulkan tumpang tindih peran dengan birokrasi yang sudah ada.

Pada kesempatan terpisah, Mendikbudristek pun mengungkapkan, tim yang beranggotakan 400 orang yang disebut GovTech Edu itu adalah, vendor yang dikontrak Kemendikbudristek. Tim itu menurut Mendikbudristek, bisa menyampaikan dan mendiskusikan berbagai pendapat, dengan pejabat-pejabat kementerian.

Menurut Lestari, upaya mengakselerasi pembangunan pendidikan Nasional juga membutuhkan transparansi atas proses yang dilaluinya. Rerie, sapaan akrab Lestari berharap, Mendikbudristek bisa menyosialisasikan tugas dan fungsi tim khusus itu, kepada para pemangku kepentingan, agar terjadi pemahaman yang sama terhadap upaya yang dilakukan.

BACA JUGA: Sambut HUT Ke-77, KAI Bakal Persingkat Waktu Tempuh 8 Perjalanan KA Jarak Jauh

Karenanya, jelas Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, dalam upaya mengakselerasi pembangunan sektor pendidikan Nasional, membutuhkan dukungan semua pihak.

Langkah dan strategi yang diterapkan Pemerintah dalam pengembangan pendidikan Nasional, tambah anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, harus dipahami para pemangku kepentingan dan masyarakat, sehingga dukungan yang diharapkan bisa sepenuhnya didapat.

”Upaya beradaptasi dan mengakselerasi pembangunan pendidikan Nasional, harus benar-benar terwujud. Hal ini mengingat sektor pendidikan merupakan salah satu sektor penting yang dibutuhkan bangsa ini untuk meningkatkan daya saing, agar mampu berkompetisi dengan bangsa-bangsa lain di dunia,” tegas Rerie.

Riyan