blank
Api berhasil dikendalikan oleh warga dan tim Damkar yang mengerahkan 2 unit mobil pemadam (Foto: Damkar )

JEPARA (SUARABARU.ID) – Akibat temperatur tinggi, sebuah oven pengering kayu tradisional   milik Naserun di RT  20 / RW 03 Desa Kecapi Jepara terbakar. Kebakaran yang terjadi Senin ( 25/9-2022) jam 13.30 Wib ini berhasil dipadamkan oleh warga dan dibantu 2 mobil pemadam kebakaran dari. Satpol PP dan Damkar Jepara.

Sejauh ini tidak ada korban jiwa. Namun ketugisn di taksir mencapai Rp. 11 juta lebih. Kerugian terbesar adalah kayu yang sedang di oven.

Petinggi Kecapi Sukambali yang dihubungi oleh SUARABARU.ID membenarkan peristiwa tersebut. “ Kayu yang biasanya di oven dua kali dijadikan satu,” ujarnya.

Menurut Kabid Damkar Kabupaten Jepara , Najamudin Eka Sasmaka, MH kebakaran pada oven tradisional memang sering terjadi. Sebab pada oven jenis ini temperatur tidak dapat dipantau dan dikendalikan. Karena itu perlu diamati dan dipantau secara rutin.

Disamping itu pada musim kemarau ini ia menghimbau warga untuk berhati-hati hingga dapat terhindar dari bencana kebakaran. “ Hindari aktivitas membakar sampah di lereng – lereng bukit sebab rumpur yang kering mudah membuat api menjalar kemana-mana,” pinta Najamudin

Hadepe