blank
Kakanwil Jateng, DR. A Yuspahruddin. Foto: Dok/Kumham

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, DR. A Yuspahruddin menyampaikan beberapa wejangan, diantaranya terkait kedatangan tim BPK ke Kanwil.

Menurut Yuspahruddin, tim BPK akan melakukan pemeriksaan di Kanwil Kemenkumham Jateng pada 3-9 Oktober 2022.

Yuspahruddin berharap kepada seluruh pegawai untuk mempersiapkan dengan baik. “Terkait Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ini agar dipersiapkan sebaik-baiknya. Baik kegiatannya maupun administrasinya,” ujar Yuspahruddin dalam kegiatan apel di Kanwil Jateng, Senin (26/9/2022).

“Kita siapkan, manajemen agar diperbaiki, sehingga tidak akan ada persoalan yang menyumbang citra buruk untuk Kementerian,” jelasnya.

Selain itu, Yuspahruddin juga bicara tentang anggaran yang telah lepas “blokir”. Terkait masalah tersebut, Yuspahruddin menginginkan jajarannya melakukan respon cepat. “Kita harus mempersiapkan diri untuk melaksanakannya,” ujar dia.

Menurut Yuspahruddin, dengan naiknya harga BBM yang memberikan efek domino begitu besar, tidak berpengaruh signifikan terhadap kehidupan ASN bila dibandingkan dengan golongan masyarakat lainnya.

“Kita harus bersyukur. Bentuk rasa syukur itu adalah dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Karena pada kondisi “sensitif” seperti ini, biasanya masyarakat lebih kritis terhadap pelayanan dan kinerja ASN,” terangnya.

Yuspahruddin mengimbau agar tidak melakukan kesalahan prosedural dalam memberikan pelayanan. Apalagi sampai melakukan pungutan liar. Dia mengarahkan agar tidak mengedepankan prestasi.

“Masalah prestasi, tidak usah hebat luar biasa. Yang penting tidak membuat kesalahan, karena itu juga sebuah prestasi,” katanya.

Dia juga mengimbau untuk lebih bijaksana dalam bermedia sosial. Terlebih yang berkaitan dengan Pemilihan Umum.

Yuspahruddin menambahkan, berdasarkan arahan KPU, seorang ASN tidak boleh menunjukkan identitas politik, tidak menyatakan dukungan secara frontal dan secara langsung, harus netral.

Sementara itu dalam kegiatan apel diikuti oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto, Kepala Divisi Keimigrasian Wishnu Daru Fajar, pejabat administrasi, pejabat fungsional, para pelaksana dan PPNPN Kanwil.

Ning Suparningsih