blank
Kayu dan bambu bongkaran joglo Balkondes Wringinputih, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Karena bangunannya diduga sudah rapuh, Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wringinputih, Borobudur, Kabupaten Magelang, dibongkar total. Fasilitas tersebut semula dibangun salah satu BUMN.

Perlu diketahui, sebanyak 20 desa di Kecamatan Borobudur dilengkapi Balkondes. Dibangun oleh BUMN, kemudian diserahkan ke pihak desa atau badan usaha milik desa (BUMDes). Joglo biasa digunakan untuk rapat, atau disewa untuk resepsi pernikahan. Sedangkan homestay untuk penginapan.

Bangunan Balkondes Wringinputih itu dibangun sejak sekitar tujuh tahun lalu. Terdiri sebuah joglo yang merupakan ruang pertemuan dan beberapa homestay. Bangunan joglonya berbahan atap ijuk dan kerangka bambu. Sedangkan homestay-nya berbahan baku kayu yang diduga berkualitas jelek.

Akibatnya belakangan ini kondisinya memprihatinkan. Bahkan ruang dapurnya sudah direhab lebih dahulu. Bangunan homestay dibongkar sejak Selasa lalu dan joglo ruang pertemuan dibongkar hari ini, Minggu (25 September 2022).

Perusahaan yang menanganinya adalah PT Surya Jaya Mandiri, Brebes. Tenaga kerjanya sebanyak 50 orang adalah warga Bumiayu, Brebes.

Mandor perusahaan tersebut, Bisri, saat ditemui hari ini menuturkan, pembangunan kembali ditarget selesai pada Desember mendatang. Tentang berapa luasnya, menurut dia, akan menghabiskan lahan yang ada. “Akan menghabiskan lokasi yang ada,” katanya.

Ketika ditanya berapa besar anggarannya, dia tidak bersedia menyebutkan.

Eko Priyono