blank
TIM KKN -IK IAIN Kudus Bersihkan Pantai Pailus dan Empurancak (Foto: Abdur Rouf)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sejak kedatangan Tim KKN -IK IAIN Kudus  2022 di Desa Karanggondang Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, pada awal September, setiap hari Sabtu dilakukan gerakan kerja bakti bersih-bersih pantai Pailus dan Empurancak secara rutin.  Tim  dibantu  pengelola pantai, Junaid dan Ma’ruif..

Kegiatan bersih-bersih dimulai dari pemungutan sampah-sampah di bibir pantai dan perairan pantai yang dangkal, menyapu daun-daun kering di sekitar pantai, dan membakar sampah yang perlu dibakar. “Salah satu hal yang cukup kami soroti adalah kurangnya perhatian terhadap kebersihan pantai,” ujar Abdur  Rouf, Ketua Tim KKN -IK IAIN Kudus

blank
Penanaman pohon penghijauan oleh Tim KKN -IK IAIN Kudus (Foto: Abdur Rouff)

Ia menjelaskan, hanya beberapa pedagang yang berjualan di sekitar pantai yang mau membersihkan sampah-sampah yang berserakan. Itupun hanya di sekeliling tempat berdagangnya sendiri.

Menurut Junaid, di pantai ini ada petugas kebersihannya yang bekerja  seminggu sekali. Biasanya mengangkut tong pembuangan sampah terakhir.

Disamping itu juga dilakukan  kegiatan pengecatan di pantai Pailus tepatnya di tembok dekat pintu keluar. Kegiatan pengecatan ini adalah permintaan Ma’ruf selaku ketua pengelola pantai. Untuk desain gambar dibebaskan kepada kami, namun untuk alat dan cat disedikan.

Tim KKN -IK IAIN Kudus  2022  juga melakukan  penanaman pohon. di pantai Empurancak. Jenis yang ditanam adalah jambu, sirsak, mahoni, trembesi, flamboyan, dan ketapang. Untuk lokasi penanaman berada di di bukit kecil Empurancak, di tepi Dermaga, dan tepi lapangan pintu masuk pantai Empurancak.

Sedangkan di pantai Pailus dilakukan oleh mahasiswa KKN-IK yang berkolaborasi dengan IPNU-IPPNU ranting 1 dan 2 Desa Karanggondang. Untuk lokasi penanaman berada di tepi pantai dekat dermaga dan di tepi jalan pintu masuk pantai.

Tim KKN  memperoleh bibit-bibit pohon tersebut dari Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Pemali Jratun atau biasa di kenal dengan Persemaian Permanen Bangsri Jepara. Tim KKN  mendapatkan bibit kurang lebih 1000 pcs.

Hadepe – Tim KKN-IK IAIN Kudus  2022