blank
Ilustrasi. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Menjauhkan diri dari berbagai perangkat digital seperti handphone, televisi, atau laptop mungkin terdengar menyeramkan. Namun nyatanya, kegiatan yang disebut dengan digital detox ini banyak dilakukan, utamanya untuk mencegah seseorang dari kecanduan.

Dilansir dari Suara.com pada (21/9/2022), penggunaan perangkat digital memang memudahkan berbagai hal, namun jika dilakukan secara berlebihan, ini juga akan membawa berbagai dampak buruk, baik secara hubungan dengan orang sekitar atau kesehatan.

Jadi, melakukan digital detox mungkin satu hal yang penting Anda lakukan. Dilansir dari laman healing holidays, berikut berbagai manfaat digital detox yang bisa Anda rasakan.

Baca Juga: Manfaat Mengonsumsi Hummus yang Baik untuk Kesehatan

1. Kembali dekat dengan orang-orang sekitar

Tidak jarang penggunaan media digital seringkali membuat Anda menjauh dari orang-orang sekitar. Anda mungkin terlalu sibuk meng-scroll linimasa media sosial hingga terlewatkan hal-hal penting yang terjadi di sekitar Anda. Maka, cobalah untuk menyingkirkan perangkat Anda sesekali dan biarkan diri Anda sepenuhnya menikmati kebersamaan dengan orang-orang di sekitar.

2. Tidur lebih nyenyak

Telah banyak penelitian membuktikan bahwa menggunakan perangkat digital seperti handphone atau laptop akan mengganggu kualitas tidur seseorang. Selain menjauhkan jangkauan perangkat digital, Anda juga bisa mematikannya saat mendekati waktu tidur. Dengan begitu, tidur Anda bisa lebih nyenyak dan meminimalisir gangguan notifikasi yang bisa membuat Anda terbangun tengah malam.

3. Mencegah atau mengakhiri kecanduan

Bagi banyak orang, tindakan seperti memeriksa ponsel atau perangkat digital lain sudah menjadi kebiasaan yang tidak disadari karena Anda mungkin melakukannya tanpa berpikir. Padahal sebenarnya itu adalah sesuatu yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Dengan melakukan digital detox frekuensi Anda mengecek handphone akan berkurang karena tidak ada sesuatu yang bisa dilihat di sana.

Baca Juga: Empat Dampak Negatif Bahaya Penggunaan Pestisida Bagi Kesehatan Tubuh

4. Menemukan hobi baru

Manfaat digital detox selanjutnya adalah menemukan kembali hobi lama atau bahkan menemukan yang baru. Pasalnya, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mengenali diri sendiri atau melihat hal yang menarik di sekitar. Gunakan waktu yang Anda habiskan di perangkat Anda untuk melakukan yoga, membaca, menggambar, atau sesuatu yang membuat Anda merasa puas.

5. Terhubung kembali dengan dunia nyata

Sebagaimana fungsi perangkat digital untuk menghubungkan Anda dengan dunia maya, saat terlalu banyak menggunakannya Anda mungkin melupakan dunia nyata. Seperti contohnya ketika melihat konser atau pergi ke suatu tempat, sempatkanlah untuk melihat semuanya secara langsung tanpa mengangkat handphone Anda. Dengan begitu, Anda akan merasakan sesuatu yang berbeda dan lebih terhubung dengan dunia nyata.

6. Meningkatkan konsentrasi

Cahaya dari perangkat digital Anda sangat mudah untuk merebut perhatian, sehingga membuat konsentrasi Anda terganggu. Hal ini seringkali membuat Anda kurang produktif dan hilang fokus saat melakukan sesuatu. Dengan melakukan digital detox, Anda bisa mengembalikan konsentrasi tersebut.

7. Menjaga kesehatan tubuh

Penggunaan perangkat digital secara berlebihan terbukti berdampak pada kesehatan Anda. Pernah mengalami sakit kepala atau leher setelah seharian membungkuk menatap layar? Detoksifikasi digital ini akan membantu menghentikan kebiasaan yang terkait dengan masalah ini dan membuat tubuh Anda lebih sehat.

Claudia