blank
Kakanwil Kemenkumham Jateng, Dr. A. Yuspahruddin bersama Rektor Unimus, Prof Dr. Masrukhi saat teken MoU di ruang rapat Gedung Rektorat Unimus. Foto: Dok/Kumham

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Upaya Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah (Jateng) membangun sinergitas dengan pihak perguruan tinggi terus dilakukan.

Hari ini, Kanwil Kemenkumham Jateng menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus).

Mou tersebut ditandatangani oleh Kakanwil Kemenkumham Jateng, Dr. A. Yuspahruddin dengan Rektor Prof Dr. Masrukhi, yang berlangsung di ruang rapat Gedung Rektorat Unimus, Senin (19/9/2022).

Yuspahruddin mengatakan, dengan adanya momentum kerja sama ini merupakan kesempatan bagi kedua belah pihak untuk berkomitmen bersama dalam membangun dan mencerdaskan bangsa.

Selanjutnya, kedua belah pihak akan menindaklanjuti MoU tersebut dengan perjanjian kerja sama terkait implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Yuspahruddin mengapresiasi para civitas akademika Unimus yang terlebih dahulu telah melakukan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat pada beberapa UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

“Terima kasih, walau belum ada MoU tapi Unimus sudah melangkah lebih dahulu melakukan pengabdian ke masyarakat, seperti ke LPP Semarang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan,” ujar Yuspahruddin.

Menurutnya, Kanwil Kemenkumham Jateng sangat membutuhkan kerja sama dari pihak akademisi untuk mensosialisasikan tugas dan fungsi Kemenkumham kepada masyarakat, salah satunya pembahasan RKUHP.

Selain itu, pihaknya menawarkan pendampingan di bidang Kekayaan Intelektual (KI) dengan fasilitasi pendaftaran Indikasi Geografis maupun KI lainnya seperti merek, paten, hak cipta, dan desain Industri.

Rencananya, ia dan jajarannya akan menindaklanjuti MoU tersebut dengan perjanjian kerja sama di bidang kekayaan intelektual, kesehatan, hingga terkait izin belajar ke luar negeri.

Menurut Prof Dr. Masrukhi, MoU ini merupakan suatu kehormatan bagi Unimus bisa membangun kerja sama dengan Kemenkumham.

“Ini suatu kehormatan bagi kami bisa membangun kerja sama dengan Kemenkumham. Ini adalah langkah strategis yang bagus bagi kedua belah pihak untuk menjalin kerja sama,” tuturnya.

Hadir pada kesempatan ini, Kepala Divisi Administrasi Jusman, Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto, Kepala Divisi Keimigrasian Wishnu Daru F, dan Kepala Bagian Program dan Humas, Budhiarso Widhyarsono.

Sementara dari pihak Unimus ada Wakil Rektor 1, Dr. Budi Santosa, Wakil Rektor II, Dr. Hardi Winoto, Wakil Rektor III Dr. Samsudi Rahardjo, dan Kepala Lembaga Kerja ama, Kehumasan Keprotokoleran & Urusan Internasional, M. Yusuf.

Ning Suparningsih