JEPARA(SUARABARU.ID) – Anggota Fatayat Karimunjawa yang telah mendapat pelatihan membatik, diminta melakukan estafet keterampilan. Harapannya, akan ada 100 pembatik di kecamatan kepulauan tersebut.

“Saya harap sahabat-sahabat di Karimunjawa berupaya mewujudkan harapan dinas,” kata Ketua Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Jepara, Nanik, Senin (19/9/2022).

Menurut Nanik, estafet keterampilan merupakan arahan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara terkait program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) yang diisi dengan pelatihan membatik untuk 20 anggota Fatayat Karimunjawa. Kegiatan yang dilaksanakan Jumat (16/9/2022) lalu, dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (PAUD dan PNF) Disdikpora, Utim Shohijatsih.

“Bu Utim mengarahkan estafet keterampilan tersebut saat hadir dalam pelatihan yang kami langsungkan di TPQ Syekh Amir Hasan, Karimunjawa,” kata Nanik.

Pihaknya sangat bersyukur Fatayat diberi kesempatan mengikuti pelatihan ini. Peserta juga diberi bantuan peralatan membatik melalui Seksi PNF dengan subkoordinator Ahmad Husni Mubarok. Setelah pelatihan ini peserta diminta berkarya untuk mengangkat perekonomian.

“Banyak ikon kearifan lokal Karimunjawa yang bisa ditampilkan sebagai inspirasi karya,” katanya.

Hadepe – Aksl