“Pentas seni kuda lumping ini merupakan upaya Des Ganjar menjalankan amanah dari Ganjar Pranowo yang ingin warganya lebih peduli pada kesenian tradisional,” kata Koordinator Lapangan Des Ganjar, Teguh Wahono, Minggu (18/9/2022).

Kesenian adalah aset budaya, yang juga menopang atraksi pariwisata. Dengan lestarinya kesenian kuda lumping ini, maka akan mendukung kegiatan pariwisata, khususnya di Kabupaten Semarang.

“Kami menampilkan kesenian kuda lumping agar kesenian ini tidak terlupakan. Kuda lumping memberikan contoh keberanian, seperti pasukan-pasukan tentara berkuda. Kami di sini menargetkan membantu Pak Ganjar melestarikan seni dan kebudayaan di Jawa Tengah,” ujar Teguh.

Selain menggelar pentas seni, dalam kesempatan tersebut, ratusan relawan Des Ganjar juga melaksanakan deklarasi dukungan terhadap Ganjar Pranowo untuk menjadi Presiden RI 2024.

Kedekatan mereka pada pria nomor satu di Jawa Tengah tersebut membuat mereka yakin bahwa Ganjar adalah sosok mumpuni untuk memimpin Indonesia.

Menurut Teguh, Ganjar merupakan pemimpin yang selalu mendukung dan membantu berbagai kegiatan kesenian.

“Tujuannya satu, agar kebudayaan tersebut tetap lestari. Bahkan Pak Ganjar juga berpesan kepada rakyatnya, agar kesenian dan kebudayaan ini tidak hanya dilestarikan, tapi juga dikembangkan,” kata Teguh.

Salah satu kepala desa di Semarang yang juga merupakan relawan Des Ganjar, Heru menyebut, dirinya sangat mengapresiasi digelarnya pentas kesenian kuda lumping yang diinisiasi oleh para relawan Des Ganjar ini.

Menurut Heru, para relawan Des Ganjar akan terus terlibat aktif dalam upaya pelestarian kesenian tradisional di Indonesia.