blank
Pentas seni kuda lumping yang digelar jaringan relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) di Dusun Mendut, Desa Ngrapah, Kecamatan Banyubiru, Jawa Tengah. Foto: Dok/relawan Des Ganjar

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Salah satu kesenian dari tanah Jawa adalah kuda lumping. Kesenian ini terdiri dari empat fragmen tarian yang merupakan salah satu kesenian yang cukup unik di Indonesia.

Pada umumnya, kesenian kuda lumping hanya menampilkan adegan prajurit berkuda. Akan tetapi dalam beberapa penampilan, kesenian kuda lumping ini juga menyuguhkan sejumlah atraksi bernuansa magis.

Supaya kesenian ini tidak punah di tengah jaman modern sekarang ini, berbagai upaya pun terus dilakukan.

Seperti yang dilakukan oleh jaringan relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) di Dusun Mendut, Desa Ngrapah, Kecamatan Banyubiru, Jawa Tengah, Sabtu (17/9/2022).

Sedikitnya ada sembilan sanggar kesenian kuda lumping di berbagai wilayah Semarang ikut memeriahkan “Pentas Seni Kuda Kepang se-Kabupaten Semarang Bersama Des Ganjar”.

Dalam pentas seni yang digelar itu, terlihat antusiasme warga luar biasa. Setidaknya ada sekitar 500 orang dari berbagai kalangan usia memadati tempat tersebut menyaksikan acara.