blank
Melisa Kusumaning Mastuti saat mengajar para siswa SD Negeri Dalangan, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora.(foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Semarang (FTP USM), Melisa Kusumaning Mastuti lolos Program Kampus Mengajar Angkatan ke-4 di SD Negeri Dalangan, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora.

Melisa tidak menduga bakal lolos, karena seleksinya cukup ketat. Namun dengan tekad yang dimiliki, dia akhirnya lolos seleksi.

”Persiapan yang diperlukan lumayan rumit, karena banyak berkas yang perlu dipersiapkan termasuk menyiapkan rekening BRI. Kategori berkas yang wajib adalah surat kesehatan, surat rekomendasi dari perguruan tinggi, surat pakta integritas dan surat persetujuan orang tua. Berkas pendukung seperti piagam, sertifikat organisasi dan sertifikat seminar. Semua berkas tersebut diupload dalam bentuk pdf,” ujar Melisa.

Menurutnya, program kampus mengajar akan berlangsung 5 bulan. Selama program tersebut, dia melakukan kegiatan belajar mengajar, membantu administrasi sekolah, dan merealisasikan program kerja yang sudah direncanakan.

”Awalnya saya canggung, tapi lama-lama saya menikmati kegiatan mengajar ini. Saya senang, saya bisa berguna membantu anak-anak belajar,” jelasnya.

Dia mengatakan, banyak hal menarik yang ditemui dalam membimbing para siswa. Banyak sekali tingkah laku siswa yang menambah keseruan di kelas, seperti tiba-tiba di kelas 1 ada siswa yang menangis, padahal hanya disentuh oleh teman sebangkunya.

”Saya berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh pihak USM dan fakultas karena dalam mengikuti program ini masih diberi kelonggaran kuliah secara online.

Saya juga ingin menyampaikan ke mahasiswa lain, program kampus mengajar dapat menjadi pengalaman dan pembelajaran di luar kampus. Jadi, walaupun bukan dari program studi yang linear, sebagai mahasiswa sudah seharusnya menebar kebermanfaatan dimanapun berada.

”Semoga ke depan lebih banyak mahasiswa USM yang lolos program ini,” ungkapnya.

Selain Melisa, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian USM yang lolos Kampus Mengajar yaitu Evinka Nurvia Ningroy ( SDN 1 Temulus, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora), Ratna Marselena (SDN 03 Sidorejo, Kecamatan Comal, Pemalang), Kharisma Bening Ashfiya Salsabila (SDN Mokaha 1 Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal), dan Nawa Muti (SDN Gilirejo 3 Miri Sragen)

Muhaimin