blank
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan, Ny Efi Suraningsih Indrata Nur Bayuaji (berkacamata menggendong balita), foto bersama dengan para siswa SD di event gosok gigi massal.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Ribuan siswa dari berbagai satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pacitan, Senin (12/9), melakukan gosok gigi serentak secara massal. Ini dilakukan, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) Tahun 2022.

Prokopim Pemkab Pacitan, semalam, mengabarkan, aksi gosok gigi massal ini berpusat di halaman Pendapa Kabupaten. Yang juga diikuti serentak di 4 lokasi berbeda. Yakni di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Huda Ploso, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 3 Pacitan, MIM 1 Tulakan, dan di SD Negeri 2 Kayen. Dengan total peserta sebanyak 2.333 siswa.

Aksi menyikat gigi secara massal dalam rangka HKGN Tahun 2022 ini, dibuka langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan, Ny Efi Suraningsih Indrata Nur Bayuaji. Bersama dengan para dokter gigi, para siswa bersama-sama mempraktekkan cara sikat gigi yang baik dan benar. Acara tersebut, juga disiarkan secara virtual serentak melalui jejaring Daring di seluruh Indonesia.

”Bunda berpesan, selalu jaga kesehatan gigi dan mulut agar sehat. Karena gigi itu kalau sudah rusak, tidak bisa tumbuh kembali dan harus diganti dengan gigi palsu,” pesan Ny Efi Suraningsih.

Tidak hanya aksi menyikat gigi secara massal, peringatan HKGN di Kabupaten Pacitan juga dilakukan dengan menggelar skrining kesehatan gigi, dan pemeriksaan penyakit tidak menular.

Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Pacitan, drg Suprapti, menyatakan, harapan kita dari kegiatan ini adalah meletakkan dasar kepada anak-anak, bagaimana melakukan sikat gigi yang baik dan benar serta tepat pula waktunya.

Bambang Pur