blank
Pesepeda dalam ajang Sukun Tour de Muria saat memulai start dari Alun-alun Simpang Tujuh. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Bupati Kudus HM Hartopo mengajak semua pesepeda yang ambil bagian dalam Sukun Tour de Muria 2022 bisa menikmati seluruh potensi alam yang ada di Kudus dan sekitarnya.

Hal tersebut ditegaskan Hartopo saat melepas keberangkatan ratusan pesepeda dalam even yang digelar PT Sukun Wartono Indonesia, di Alun-alun Simpang Tujuh, Minggu (11/9).

“Selamat berolahraga, silakan menikmati keindahan alam lereng Muria. Semoga berkesan dan ingin singgah lagi ke Kudus,” ucapnya saat memberi sambutan sebelum pelepasan peserta Sukun Tour de Muria.

Pihaknya mengapresiasi sport tourism yang diadakan oleh PT. Sukun Wartono Indonesia. Adanya kegiatan tersebut dapat membuka potensi wisatawan dari berbagai daerah ke Kabupaten Kudus.

Sehingga berdampak pada kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kudus. Bahkan, kali ini pun, semua hotel di Kudus sudah penuh diisi para peserta dari luar kota.

“Antusiasme peserta tour de Muria ini sangat besar. Terima kasih kepada PT. Sukun Wartono Indonesia yang sukses menyelenggarakan acara. Semoga event ini bisa menarik lebih banyak wisatawan,” tuturnya.

Hartopo meminta para peserta untuk menjaga stamina dan kesehatan. Terlebih rute yang ditempuh lumayan panjang sejauh 157 kilometer. Sehingga dibutuhkan ritme yang pas.

“Yang paling penting harus menjaga ritme, biar tetap bugar sampai finish nanti,” imbuhnya.

Sementara itu, Corporate Secretary PT Sukun Wartono Indonesia Deka Hendratmanto menyampaikan antusiasme peserta memang sangat tinggi. Meski baru pertama dilaksanakan, kuota 600 peserta langsung penuh pada hari ketiga pendaftaran. Pihaknya sedang mempertimbangkan tour de Muria jadi event tahunan.

“Hari ketiga kuota 600 peserta penuh. Mungkin bisa jadi kegiatan tahunan. Tantangannya ya menyediakan akomodasi peserta dari luar kota,” terangnya.

Even Sukun Tour de Muria merupakan even sepeda dengan rute mengitari lereng pegunungan Muria. Pesepeda akan menempuh perjalanan dari Kudus-Jepara-Pati-Kudus melalui rute-rute kawasan pegunungan Muria yang memberi keindahan panorama alam.

Ali Bustomi