blank
GUNTING PITA - Walikota Tegal, Dedy Yon Supriono menggunting pita saat meresmikan Perpustakaan Umum Digital Sakila Kerti di Kompleks PAI Kota Tegal. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Fasilitas objek wisata kebanggaan masyarakat Kota Tegal, Pantai Alam Indah (PAI) kini bertambah dengan hadirnya Perpustakaan Umum Digital Sakila Kerti. Perpustakaan yang terletak di Jalan Sangir Kompleks Obyek Wisata PAI Kota Tegal itu diresmikan oleh Walikota Tegal, Dedy Yon Supriono, Jumat (09/09/2022).

Kepala Pengelola Pesisir Laut, Yusqon menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tegal atas segala dukungannya. “Beliau, Walikota Tegal memperdulikan pendidikan nonformal. Beliau juga menandatangani duta baca di Kota Tegal,” ujar Yusqon.

Sementara itu, perwakilan Perpustakaan Nasional RI, Nelwaty menyampaikan kekagumannya bahwa Kota Tegal dunia literasi cukup masif di kawasan nelayan.

blank
MEMESONA – Kawasan objek wisata Pantai Alam Indah (PAI) yang memesona. (Foto: Sutrisno)

“Kita terus menyemangati literasi untuk kesejahteraan, TBM ini merupakan kepanjangan tangan dari Perpusnas, ini bisa dijadikan tempat berdiskusi, berkumpulnya masyarakat, Bimtek dan mengadakan berbagai macam kegiatan. Pesan dari bapak Perpusnas bahwa perpustakaan punya paradikma baru, koleksi buku 10 persen, 20 persen knowlege, trasfer knowlage 70 persen,” ujar Nelwaty.

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono mengucapkan terima kasih kepada jajaran penggiat literasi. “Jarang acara aksara diperingati seperti ini, ini hal yang penting. Ilmu itu sangat penting makanya program Pemkot Tegal jangan sampai ada yang buta aksara dan putus sekolah,” kata Dedy Yon.

Wali Kota juga menyerukan kepada semua masyarakat untuk mencetak generasi pintar. “Saya menyerukan, ayo mencetak generasi muda, anak cucu kita harus lebih pintar dari leluhurnya, harus lebih tinggi pendidikannya dari orang tuanya,” tambah Dedy.

Dedy juga berharap tidak ada masyarakat yang putus sekolah dan di setiap kecamaatan diharapkan ada pedidikan kejar paket dan pemberantasan buta aksara.

Ikut hadir Kapolres Tegal Kota AKBP Rachmat Hidayat SS, Kepala BNN Kota Tegal Sudirman, Pj Sekda Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan M Ismail Fahmi, Kepala Satpol PP Kota Tegal Hartoto.

Sutrisno