blank
Striker Persiku Fernando Taryono melakukan selebrasi usai mencetak gol dalam laga uji coba kontra Persibo. foto:Persiku

KUDUS (SUARABARU.ID) – Persiku Kudus kembali meraih kemenangan dalam laga uji coba kontra Persibo Bojonegoro. Dalam laga yang digelar di Stadion Wergu Wetan, Jumat (9/9), tim Macan Muria sukses meraih kemenangan tipis 2-1.

Mengawali pertandingan, Persiku yang didukung ribuan Suporter Macan Muria berusaha menekan sedari menit awal. Gol pun tercipta di menit 16 ketika winger asli Kudus Ibnu Yahya berhasil melakukan akselerasi dari sisi kanan pertahanan Persibo. Melalui umpan cut back, Yahya berhasil mengirim bola ke tengah yang kemudian disundul Fernando Taryono.

Sukses memberi assist, giliran Ibnu Yahya berhasil menggandakan keunggulan Persiku melalui tendangan penalti enam menit berselang. Hadiah penalti diberikan wasit saat pemain belakang Persiku melakukan handsball di kotak terlarang.

Tertinggal dua gol, membuat Persibo berusaha bangkit dan merespon dengan meningkatkan intensitas serangan. Melalui sebuah serangan balik, striker Persibo Dhoni berhasil mencetak gol melalui tendangan keras dari luar kotak penalti pada menit 26.

Setelah gol tersebut, tensi permainan pun terus meningkat. Persiku yang didukung publik tuan rumah terus berusaha menekan. Namun, Persibo tak kalah membahayakan terutama saat melakukan counter attack cepat. Namun, hingga akhir pertandingan skor tidak berubah.

Usai pertandingan, pelatih Persiku M Irfan mengungkapkan ada beberapa hal yang menjadi catatan timnya. Menurutnya, laga kontra Persibo yang merupakan sesama kontestas Liga 3, merupakan test case bagi anak asuhnya untuk melawan tim Jawa Timur yang dikenal memiliki karakter permainan keras.

“Laga ini untuk menguji bagaimana anak-anak bisa menahan emosi dalam menghadapi tim yang memiliki karakter permainan keras. Dan anak-anak bisa melakukannya,”kata Irfan.

Irfan menambahkan, laga kontra Persibo ini juga menjadi uji coba terakhir dari enam kali uji coba yang digelar sebelum kompetisi bergulir. Dan dari hasil uji coba tersebut, Irfan menilai ada perkembangan signifikan dari performa anak asuhnya.

“Ada banyak progress yang menggembirakan seperti pemahaman tactical, fisik, hingga kematangan emosional saat bertanding,”tandasnya.

Setelah serangkaian laga uji coba ini, menurut Irfan, tim akan menjalani program pematangan tactical melalui game-game internal serta beberapa metode latihan lain. Irfan berharap seluruh pemain akan mencapai top performance saat kompetisi benar-benar bergulir.

“Oleh karenanya, saya selalu berpesan kepada semua pemain untuk tetap rendah hati dan tidak jumawa. Jangan sampai saat kompetisi nanti justru antiklimaks,”tukasnya.

Ali Bustomi

BACA JUGA: Persiku Kudus Kalahkan Mataram Utama dengan Skor 4-0