blank
Rektor USM, Dr Supari ST MT membuka Seminar Hasil PDP dan PkM yang digelar LPPM USM pada Senin (5/9/2022). (foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 250 dosen Universitas Semarang mengikuti Seminar Hasil dan Seminar Proposal Penelitian Dosen Pemula dan Pengabdian kepada Masyarakat Semester Genap 2021/2022 dan Semester Gasal 2022/2023 secara daring.

Kegiatan yang diselenggarakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang itu dibuka Rektor USM, Dr Supari ST MT.

Dalam sambutannya, Rektor mengatakan, pihaknya menargetkan pada tahun 2024 mendatang, USM menjadi kampus yang unggul.
”Keunggulan USM ini bukan hanya sekadar sertifikat, tapi unggul juga dalam rasa di hati kita semua. Syukur keunggulan USM bisa terasa di hati masyarakat,” kata Rektor.

Dalam kesempatan itu Rektor juga menyinggung soal upaya USM menjadikan Kota Semarang sebagai laboratorium.

”Para dosen USM harus menggunakan Kota Semarang sebagai Laboratorium. Salah satu langkah konkrit telah dibuktikan oleh dosen USM dengan mengembangkan pipa resapan di di Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang pada Kamis (9/6/2022) lalu,” ujarnya.

Selain itu, katanya, dosen USM harus bisa mencarikan solusi bagi permasalahan di masyarakat, misalnya masalah kemiskinan, masalah pantai, dan masalah energi di Kota Semarang.

”Kami minta kerja sama yang telah dibangun dengan Pemkot Semarang terus dikawal dan ditindaklanjuti agar USM bisa memberikan kontribusi yang prokduktif dan positif bagi persoalan di masyarakat,” ungkapnya.

Dia mengatakan, peran LLPM USM harus makin meningkat kemanfaatnnya bagi masyarakat. Untuk itu dia menyarankan agar penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan harus meningkat dari segi kualitas dan kuantitas.

”Setiap laporan PDP dan PkM harus selalu meningkat, termasuk peningkatan jumlah anggarannya. Bagi kami, peningkatan anggaran tidak masalah, asal ada peningkatan dalam penelitian dan pengabdian,” kata Supari.

Dia juga minta LLPM USM merencanakan program gathering dengan mengundang para dosen peneliti dan pengabdi. Dalam gathering akan mendiskusikan program-program LLPM ke depan.

”Dalam setengah tahun ini silakan berkreasi. Kreasi ini yag menjadi acuan dalam penganggaran tahun depan,” tandasnya.

Muhaimin