blank
Ketua Umum KONI Jateng, Bova Ventura Sulistiana, didampingi Ketua Panitia Raker Joko Priyono, Waketum IV KONI Amir Machmud serta Waketum V KONI Sudarsono, saat menggelar rapat panitia Raker KONI. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Banyaknya agenda kerja KONI Jawa Tengah yang harus segera diputuskan, terkait dengan digelarnya Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023 dan beberapa kegiatan lain, maka agenda pelaksanaan Rapat Kerja (Raker), akhirnya dimajukan.

Adapun tanggal pelaksanaan masih dalam pembahasan KONI Jateng dan panitia. ”Saat ini masih menggantung, keputusan tentang pelaksanaan Porprov 2023 di Pati Raya,” kata Ketua Umum KONI Jateng, Bona Vantura Sulistiana, seusai rapat panitia di Kantor KONI Jateng, Senin (5/9/2022).

Menurut dia, tahun pelaksanaan Porprov memang sudah disepakati, tetapi bulan pelaksanaannya belum diputuskan. Karena keputusan itu harus dilakukan lewat forum Raker, yang diikuti seluruh anggota.

BACA JUGA: Dema FH USM Gelar Seminar Legislatif

Ditambahkan dia, kepanitiaan untuk pelaksanaan Raker sudah dibentuk, dan siap bekerja. Dalam rapat itu, hadir Wakil Ketua Umum KONI IV Amir Machmud, Wakil Ketua Umum V Sudarsono, dan Ketua Panitia Joko Priyono, Sekretaris Ade Oesman serta panitia pelaksana lainnya.

Sebenarnya Surat Keputusan (SK) Gubernur Jateng tentang pelaksanaan Porprov sudah pernah diterbitkan, yakni pelaksanaan pada 2022, dengan tuan rumah enam kabupaten di Pati Raya (Eks Karesidenan Pati).

Namun akibat wabah covid-19, maka semua even seperti PON 2020, diundur menjadi 2021, demikian juga dengan Porprov 2022 diundur menjadi 2023.

BACA JUGA: SIG Mencatat Laba Rp 829 Miliar pada Semester I Tahun 2022

”Dengan pengunduran ini, maka SK Gubernur untuk Porprov pun tidak berlaku. Maka untuk SK Gubernur untuk Porprov 2023, KONI harus mengusulkan kembali dengan suatu keputusan yang diambil lewat Raker,” papar Bona.

Lebih lanjut dijelaskan dia, pihaknya sudah memberi perkiraan untuk pelaksanaan Porprov 2023, yakni pada 9-16 September 2023. ”Ini baru rancangan yang harus mendapat persetujuan peserta Raker,” ungkapnya.

Hal lain yang bakal dibahas dan diputuskan dalam Raker nanti adalah, jumlah cabang olahraga, mutasi atlet antar-kabupaten/kota, juga cabang olahraga eksibisi. Lalu di bidang organisasi, pengesahan diterimanya cabang olahraga baru menjadi anggota KONI Jateng.

BACA JUGA: Antisipasi Inflasi Dampak Kenaikan BBM, Ganjar Kerahkan Tim Pengendali Inflasi Daerah Input Data Realtime

”Satu lagi akan ditawarkan kepada KONI Kabupaten/Kota di Jateng, untuk menjadi calaon tuan rumah Porprov berikutnya,” tuturnya.

Dalam rancangan, Porprov akan mempertandingkan 57 cabang olahraga, dengan 70 disiplin dan 872 nomor pertandingan. Pembukaan Porprov dijadwalkan digelar di Stadion Joyokusumo, Pati. Adapun penutupan direncanakan di Stadion Wergu Wetan, Kudus.

Dari 57 cabang olahraga itu, akan dibagi pelaksanaannya di enam kabupaten. Namun demikian, ada beberapa cabang olahraga yang terpaksa harus digelar di luar, seperti renang dan golf di Semarang.

”Karena di enam kabupaten tuan rumah tidak memiliki sarana lomba cabanng olahraga tertentu, jadi harus dimainkan di kota lain, seperti Semarang,” tegasnya.

Riyan