blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dosen Unisnu berkolaborasi dengan mahasiswa belum lama ini mengajak delapan guru PAUD Giri Sentana mengaplikasikan Audio Busy Book sebagai terobosan media pembelajaran bagi peserta didik di Pos PAUD Giri Sentana.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembuatan Audio Busy Book yang fungsinya menstimulasi motorik dan sensorik anak ketika berkomunikasi bahasa Inggris. Pengabdian ini merupakan kolaborasi antara Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unisnu Olyvia Revalita Candraloka, M.Pd. dan Dosen PGPAUD Unisnu Ari Purnomo Endah A, M.A, mahasiswa Unisnu Laili Maulida. Fatimatuzzahro, dan mahasiswa Unisnu Irena Aminina.

Petinggi Sowan Kidul yang diwakili Carik Desa Sowan Kidul Ahmad Malik mengharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas guru agar lembaga bisa unggul. “Dengan adanya pengabdian kolaborasi antara dosen dan mahasiswa ini, saya harap guru POS PAUD memanfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin sehingga dapat menjadikan PAUD Giri Sentana unggul melalui kualitas pendidikan,” harapnya saat membuka acara.

Bunda (Pembina) PAUD sowan kidul Hidayati menyampaikan rasa terima kasih atas dipilihnya Pos PAUD Giri Sentana sebagai lokasi mitra. “Kami sangat terbantu atas kehadiran tim Unisnu memberikan pencerahan ilmu. Pos PAUD Giri Sentana masih dalam tahap perintisan. Bekal ilmu ini sangat bermanfaat,” ujarnya.
membantu dalam membekali lembaga dalam tahap perintisan. “Pos PAUD Giri Sentana tergolong masih dalam tahap perintisan. Kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini,” ujarnya.

Kegiatan dimulai dengan penyampaian motivasi tentang pentingnya perkembangan motorik anak usia dini dan berkomunikasi bahasa Inggris oleh Olyvia Revalita Candraloka. “Motorik anak harus dibangun sejak dini dalam praktek komunikasi,” ujarnya. Khususnya dalam komunikasi menggunakan Bahasa Inggris, imbuhnya.

Ari Purnomo Endah A mengajak mitra mengidentifikasi kosakata dan ekspresi aktivitas sehari-hari dalam bahasa Inggris, seperti mengancingkan baju, menyikat gigi, dll. “Guru secara berkelompok membuat Audio Busy Book membuat pola terlebih dahulu menggunakan kain flannel,” jelasnya. Tahap berikutnya adalah pembuatan barcode yang ditempel pada audio busy book untuk membantu pengucapan kosakata dalam bahasa Inggris, tambahnya.

Kegiatan ditutup dengan FGD dan sharing. Kepala POS PAUD Giri Sentana, Dindan Rohmatul Ummah, S.Pd. menyampaikan bahwa audio busy book dapat meminimalisir penggunaan gadget dan membangun kedekatan antara orang tua dan anak. “Kegiatan ini menginspirasi guru kami untuk berkreasi dalam media pembelajaran yang dilengkapi oleh barcode. Pengabdian ini sangat bermanfaat sekali terutama dapat membangun kedekatan orang tua dan anak, tidak melulu tentang youtube tapi kita alihkan ke busy book ini. Harapan saya kedepannya bisa dikembangkan lagi tidak hanya berbentuk suara tapi juga bisa dikembangkan menjadi video,” terangnya.

Ua – Olyvia