blank
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Chacha Frederica bersama Sekretaris Dinas PUPR, Sudaryanto dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kendal, Aris Siswanto, berada di atas jembatan.(FOTO:SB/Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Chacha Frederica bersama Sekretaris Dinas PUPR, Sudaryanto dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kendal, Aris Siswanto, monitoring pelaksanaan kerja bakti pembersihan sampah di Sungai Aji, tepatnya di pertigaan Pasar Gladag Kaliwungu, Kamis (01/09/2022).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Chacha Frederica mengatakan, untuk menciptakan kebersihan lingkungan, harus dimulai dari kesadaran diri sendiri. Tapi jika dengan gotong royong memberisikan sampah dapat menjadikan lingkungan lebih bersih dan sehat.

“Persoalan sampah ini tidak hanya menjadi tugas pemerintah saja, namun menjadi tugas bersama untuk menertibkan sampah yang ada di Kabupaten Kendal,”kata Chacha Frederica.

Menurut Chacha, untuk tertib membuang sampah pada tempatnya, jangan karena ada sesuatu hal lain.

blank
Petugas sedang membersihkan sampah yang ada di Sungai Aji.(FOTO:SB/ Sapawi)

“Misalnya kita membuang sampah di tempatnya, karena ada pejabat, ada CCTV, atau ada yang mengawasi. Maka, harus dimulai dari hati, agar kebersihan di lingkungan kita tetap terjaga dengan baik, dan pastinya ibadah juga terjaga dengan baik, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman,” papar Chacha, yang juga istri dari Bupati Kendal Dico M Ganinduto ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kendal, Aris Siswanto mengatakan, terkait dengan kebersihan sungai harus melihat tugas dan fungsi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kendal, dan untuk Sungai Aji ini merupakan kewenangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Sungai ini adalah wewenang Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sehingga menjadi persoalan terkait dengan penindakkannya. Jika terjadi persoalan sumbatan sampah seperti ini, maka nantinya yang berkewajiban untuk melakukan tindakan adalah Pemerintah Kabupaten Kendal, yang dalam hal ini adalah DPUPR Kendal, mengingat yang memiliki tugas dan fungsi pengairan,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kendal, Aris Siswanto.

Meski demikian, DPUPR tetap mengkoordinasikan dengan OPD lain, seperti Dinas Lingkungan Hidup, kecamatan setempat, dan pihak-pihak terkait.

Menurut Aris, pada kegiatan ini, masing-masing OPD menerjunkan puluhan anggota Satgas untuk bersih-bersih sungai, khususnya di bawah jembatan Sungai Aji.

Hal ini bertujuan untuk persiapan mengantisipasi terjadinya banjir pada musim penghujan yang akan datang, karena di sungai ini sering terjadi luapan air saat musim penghujan tiba.

Aris mengungkapkan, bahwa pembersihan sampah ini sebenarnya kegiatan rutin dilakukan oleh Dinas terkait. Namun kegiatan ini lebih fokus pembersihan sampah ke sungai-sungai. Sapawi