blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat meletakan batu pertama pembabangunan stadion. Foto : SB/dok Prokompim

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pemkab Wonosobo kini mulai membangun stadion olahraga di Wonolelo. Pembangunan sarana olahraga tersebut diperkirakan akan menghabiskan anggaran sekitar Rp 29 miliar.

Pembangunan tahap pertama tahun 2022 ini sudah disiapkan anggaran Rp 5 miliar. Tahun berikutnya diharapkan tersedia dana Rp 24 miliar. Sehingga di tahun 2024 nanti semua tahap pembangunan stadion sudah selesai dan segera bisa dimanfaatkan.

Saat ini di tempat yang sama juga sudah ada gedung olahraga indoor. Namun sejak dibangun hingga sekarang gedung tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal. Bahkan cenderung mangkrak.

Pembangunan stadion olahraga outdoor ditandai dengan peletakan batu pertama di venue oleh Bupati Afif Nurhidayat didampingi Wakil Bupati M Albar, Kepala Disdikpora Tono Prihatono dan sejumlah anggota DPRD Wonosobo, Rabu (31/8/2022).

Afif Nurhidayat menyatakan pembangunan stadion olahraga outdoor merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang sehat.
Guna mewujudkan hal itu, maka harus didukung dengan sarana dan prasarana olahraga yang memadai.

Prestasi Meningkat

blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat memaparkan rencana pembangunan stadion. Foto : SB/dok Prokompim

“Pembangunan stadion sudah menjadi program unggulan Pemkab Wonosobo. Di mana salah satu bagiannya adalah menyiapkan sarana prasarana olahraga yang lengkap. Apalagi stadion olahraga sudah menjadi dambaan dan harapan semua insan olahraga,” tegasnya.

Wakil Bupati M Albar menambahkan dengan dibangunnya stadion ini, diharapkan nanti prestasi sepak bola di Wonosobo bisa berkembang dan berbicara banyak di level Jawa Tengah. Apalagi PSIW telah menjadi salah satu peserta kompetisi sepakbola Liga 3 Jateng.

“Askab PSSI Wonosobo masih harus banyak belajar, khususnya dalam penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 serta keikutsertaan di kompetisi sepakbola Liga 3 Jateng. Jika stadion sudah jadi dan dapat digunakan pasti akan mendukung prestasi sepakbola di daerah ini,” tegasnya.

Anggota Komisi D DPRD Wonosobo Izanatul Muziah menyatakan peletakan batu pertama pembangunan stadion merupakan tindak lanjut pemerintah dalam merespon keinginan masyarakat agar Wonosobo segera memiliki sarana olahraga yang lebih memadai.

“Masyarakat, khususnya pecinta olahraga sepakbola, kini tengah menanti pembangunan fasilitas stadion. Saya yakin jika stadion telah selesai dibangun akan membuat pencinta sepakbola makin semangat dan meraih prestasi yang lebih baik lagi,” ujar dia.

Muharno Zarka