blank
Kepala Balai Bahasa Provinsi Jateng, Dr Ganjar Harimansyah (kanan), bertukar cinderamata sebelum pelatihan penulisan cerita anak digelar. Foto: bbjt

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, menggelar pelatihan penulisan cerita anak, melalui Bengkel Literasi Generasi Muda, di Aula Perpustakaan Universitas Islam Negeri Prof Saifuddin Zuhri (UIN Saizu), Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (30/8/2022).

Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa, anggota komunitas bahasa dan sastra, serta masyarakat umum di Kabupaten Banyumas. Peserta yang tidak dapat hadir pada kegiatan luring, hadir secara daring di ruang virtual zoom.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jateng, Dr Ganjar Harimansyah, mengatakan, Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang mempersatukan keanekaragaman budaya yang ada di negeri ini. Dia mengajak peserta untuk terus berkarya, terutama dalam menghasilkan cerita anak.

BACA JUGA: Dua Pelatih Kick Boxing Pelatnas, Beri Pelatihan di KBI Jateng

”Saat ini sedikit sekali penulis yang menggeluti penulisan cerita anak. Jangan mudah menyerah dalam menghasilkan tulisan. Resep untuk bisa menghasilkan karya hanya tiga, yaitu menulis, menulis, menulis,” kata Ganjar dalam acara itu.

Sementara itu, Rektor UIN Saizu Purwokerto, Prof Dr Moh Roqib MAg menyampaikan, perintah pertama yang diberikan Tuhan kepada manusia adalah, membaca atau iqra.

”Bengkel literasi ini merupakan tindakan nyata untuk mengamalkan perintah Allah, yakni membaca atau iqra,” ujar Roqib.

BACA JUGA: BNN Bersama Pemda Sulsel Canangkan Desa Tangguh Bersinar

Dia berharap, kerja sama yang terjalin antara Balai Bahasa Provinsi Jateng dan UIN Saizu, akan berkelanjutan dan menghasilkan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

”Kegiatan Bengkel Literasi ini diharapkan akan memberikan dampak yang positif bagi dunia tulis-menulis, di kalangan generasi muda. Dengan demikian, budaya literasi akan semakin meningkat,” jelasnya.

Kegiatan Bengkel Literasi ini dilaksanakan secara daring dan luring pada Selasa (30/8/2022), Kamis-Jumat (1-2/9/2022), Senin-Selasa (5-6/9/2022), Senin-Selasa (12-13/2022), dan Selasa (20/9/2022).

BACA JUGA: Menyongsong HUT Ke-74, Polwan Blora Lakukan Bakti Religi di Asrama Kristen dan Masjid Tegalgunung

Untuk kegiatan luring, diadakan pada 30 Agustus 2022, di Aula Perpustakaan UIN Prof Saifuddin Zuhri, dan 20 September 2022. Sedangkan kegiatan daring dilaksanakan pada 1-2, 5-6, 12-3 September 2022, melalui ruang zoom.

Hasil dari kegiatan Bengkel Literasi Generasi Muda Kabupaten Banyumas ini, berupa kumpulan cerita anak karya peserta, yang akan diterbitkan Balai Bahasa Provinsi Jateng.

Riyan